Bapak Ibu Guru yang terhormat, Pelaksanaan upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab yang mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.
Adapun Pelaksanaan Upacara di sekolah bertujuan untuk:
Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Membiasakan bersikap tertib dan disiplin;
Meningkatkan kemampuan memimpin;
Membiasakan kekompakan dan kerjasama;
Menumbuhkan rasa tanggung jawab; dan
Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.
Petugas Upacara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b paling sedikit meliputi:
Pembawa Naskah Pancasila;
Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945;
Pembaca Teks Janji Siswa;
Pembaca Doa;
Pemimpin Lagu/Dirigen;
Kelompok Pengibar Bendera; dan
Kelompok Paduan Suara.
Perlu juga ditekankan dan diketahui dalam Pasal 18 tercantum sebagai berikut:
Lagu Indonesia Raya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 dinyanyikan secara lengkap dalam 3 (tiga) stanza oleh peserta Upacara dengan berdiri tegak dan sikap hormat.
Lagu Indonesia Raya dengan 3 (tiga) stanza sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyanyikan dengan lirik tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.
Berikut dibawah ini Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah berserta lampirannya :
Bapak Ibu Guru, Demikian yang dapat disampaikan mengenai Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, semoga bermanfaat. aamiin. sumber: Rpp SD
Sumber https://www.profesiguru.org/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Gurusd.id - Bapak Ibu Guru SD yang terhormat, Pelaksanaan upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab yang mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.
Adapun Pelaksanaan Upacara di sekolah bertujuan untuk:
Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Membiasakan bersikap tertib dan disiplin;
Meningkatkan kemampuan memimpin;
Membiasakan kekompakan dan kerjasama;
Menumbuhkan rasa tanggung jawab; dan
Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.
Bapak Ibu Guru SD, Petugas Upacara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b paling sedikit meliputi:
Pembawa Naskah Pancasila;
Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945;
Pembaca Teks Janji Siswa;
Pembaca Doa;
Pemimpin Lagu/Dirigen;
Kelompok Pengibar Bendera; dan
Kelompok Paduan Suara.
[ads-post]
Perlu juga ditekankan dan diketahui dalam Pasal 18 tercantum sebagai berikut:
Lagu Indonesia Raya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 dinyanyikan secara lengkap dalam 3 (tiga) stanza oleh peserta Upacara dengan berdiri tegak dan sikap hormat.
Lagu Indonesia Raya dengan 3 (tiga) stanza sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyanyikan dengan lirik tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.
Bapak Ibu Guru SD, Berikut dibawah ini Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah berserta lampirannya :
Demikian yang dapat disampaikan mengenai Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, semoga bermanfaat. aamiin. sumber: Rpp Sd
Sumber https://www.gurusd.id/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Buku Tematik Terpadu Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku guru dan buku siswa tematik kelas I SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa, dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan, Kegiatan pembelajaran yang ada di buku lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa Buku Tematik Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
Buku Tematik Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Buku Tematik Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu.
Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku ini. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.
Penulisan buku Tematik Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini tercipta melalui proses yang cukup panjang. Berbagai pihak telah memberikan banyak dukungan berupa saran, masukan, koreksi, dorongan, dan arahan. Buku ini masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik, saran, dan masukan yang membangun untuk menyempurnakan buku ini. Atas kontribusi yang diberikan, penulis ucapkan terima kasih.
Wacana di atas merupakan kata pengantar dan keunggulan dari buku Tematik Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, Untuk mendapatkan Buku guru dan buku siswa tematik kelas I SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 Silahkan download di bawah ini
rppsd.org - Pelaksanaan upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab yang mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.
Adapun Pelaksanaan Upacara di sekolah bertujuan untuk:
Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
Membiasakan bersikap tertib dan disiplin;
Meningkatkan kemampuan memimpin;
Membiasakan kekompakan dan kerjasama;
Menumbuhkan rasa tanggung jawab; dan
Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.
Petugas Upacara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b paling sedikit meliputi:
Pembawa Naskah Pancasila;
Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945;
Pembaca Teks Janji Siswa;
Pembaca Doa;
Pemimpin Lagu/Dirigen;
Kelompok Pengibar Bendera; dan
Kelompok Paduan Suara.
Perlu juga ditekankan dan diketahui dalam Pasal 18 tercantum sebagai berikut:
Lagu Indonesia Raya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 dinyanyikan secara lengkap dalam 3 (tiga) stanza oleh peserta Upacara dengan berdiri tegak dan sikap hormat.
Lagu Indonesia Raya dengan 3 (tiga) stanza sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyanyikan dengan lirik tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.
Berikut dibawah ini Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah berserta lampirannya :
Demikian yang dapat disampaikan mengenai Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, semoga bermanfaat. aamiin. Sumber: RPP SD
Sumber https://www.pediapendidikan.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Buku Tematik Terpadu Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku guru dan buku siswa tematik kelas IV SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa, dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan, Kegiatan pembelajaran yang ada di buku lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
Buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa
Buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu.
Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku ini. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.
Penulisan buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini tercipta melalui proses yang cukup panjang. Berbagai pihak telah memberikan banyak dukungan berupa saran, masukan, koreksi, dorongan, dan arahan. Buku ini masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik, saran, dan masukan yang membangun untuk menyempurnakan buku ini. Atas kontribusi yang diberikan, penulis ucapkan terima kasih.
Di atas merupakan kata pengantar dan keunggulan dari buku Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Untuk mendapatkan Buku guru dan buku siswa tematik kelas IV SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 Silahkan download di bawah ini
Buku Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku guru dan buku siswa tematik kelas II SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa, dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan, Kegiatan pembelajaran yang ada di buku lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
Buku Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa
Buku Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Buku Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku ini. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.
Penulisan buku Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini tercipta melalui proses yang cukup panjang. Berbagai pihak telah memberikan banyak dukungan berupa saran, masukan, koreksi, dorongan, dan arahan. Buku ini masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik, saran, dan masukan yang membangun untuk menyempurnakan buku ini. Atas kontribusi yang diberikan, penulis ucapkan terima kasih.
Wacana di atas merupakan kata pengantar dan keunggulan dari buku Tematik Kelas II SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017, Untuk mendapatkan Buku guru dan buku siswa tematik kelas II SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 Silahkan download di bawah ini.
Tadi saya secara tidak sengaja mendengar diskusi anak-anak SMP yang sedang ngumpul di rumah tetangga sebelah, ungkap Ema membuka diskusi mereka di sore hari ini.
Apa yang mereka diskusikan Ema?, tanya Mat sambil makan gorengan dengan lahap... Kamu makannya lahap bangat, lapar iya.. balas Ema sambil tertawa 😂😂, mereka diskusi tentang materi-materi pokok matematika kurikulum 2013 yang akan dipelajari selama duduk di SMP.
Lach..., itukan hampir sama dengan diskusi kita tadi siang potong Tika semangat, materi-materi pokok matematika kurikulum 2013 di SMA, seperti kata guru matematika saya tadi pagi bahwa semua materi pokok pembelajaran kurikulum 2013 bersumber dari permendikbud yang sama yaitu permendikbud no.24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.
Ini dia ternyata ada pada Permendikbud Tahun 2016 Nomor 024 Lampiran 15, coba kita rangkum apa-apa saja materi pokoknya.., tunggu aku ambil pulpen dan kertas, biar Tika yang bacakan dan aku yang catat, sahut Ema.
Ok,. sambil aku ambil kertas dan pulpennya kalian bisa menikmati teh hangat dan goreng pisangnya, ayo Tika dimakan!, ntar.. hanya Mat yang habisin goreng pisangnya 😂😂... iya iya aku makan, balas Tika.
Ema datang bawa kertas dan pulpen dan siap untuk menulis, sekarang kita mulai baca permendikbud nya,...
Disini disampaikan bahwa Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu [1] kompetensi sikap spiritual, [2] sikap sosial, [3] pengetahuan, dan [4] keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli [toleran, gotong royong], santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung [indirect teaching], yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini:
3. Memahami pengetahuan [faktual, konseptual, dan prosedural] berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret [menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat] dan ranah abstrak [menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang] sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Materi pokok pembelajaran yang kita ambil dari penjabaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan.
Matematika SMP Kelas VII
Urutan pada bilangan bulat [positif dan negatif] dan pecahan [biasa, campuran, desimal, persen].
Operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
Bilangan berpangkat bulat positif dan negatif.
Himpunan: Himpunan bagian, Himpunan semesta, Himpunan kosong, Komplemen himpunan dan Operasi biner pada himpunan.
Bentuk aljabar dan Operasi pada bentuk aljabar [penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian].
Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Rasio dua besaran [satuannya sama dan berbeda].
Perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan.
Aritmetika sosial [penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara].
Hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal.
Keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat [persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang] dan segitiga.
Data dengan cara penyajiannya [tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran].
Matematika SMP Kelas VIII
Pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek.
Kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius.
Relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi [kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan].
Fungsi linear [sebagai persamaan garis lurus] dan grafiknya.
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel [SPLDV].
Teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras.
Sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran.
Garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya.
Luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar [kubus, balok, prisma, dan limas].
Data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi.
Peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan.
Matematika SMP Kelas IX
Operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.
Persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya.
Fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik.
Hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya.
Transformasi geometri [refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi].
Kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar.
Luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung [tabung, kerucut, dan bola]
Sudah, itu materi pokok pembelajaran matematika untuk kelas VII sampai kelas IX. Seperti yang disampaiakan oleh guru matematika saya kemarin bahwa materi pokok pembelajaran ini boleh ditambah tapi dikurangi jangan. Karena harapan pemerintah, kompetensi dari permendikbud tahun 2016 no.24 adalah kompetensi minimal yang dicapai oleh peserta didik.
Sebagai tambahan, katanya dalam kurikulum 2013, buku paket hanya salah satu sumber informasi dalam belajar, banyak sumber informasi yang lain yang bisa digunakan, misalnya modul-modul matematika SMP kurikulum 2013 atau dari internet.
Diskusi kita hari ini, sudah lumayan panjang dan berhubung hari sudah mulai gelap, ada baiknya teh dan gorengan ini kita habiskan dan kita pulang iya... kata Mat sambil melahap gorengan dengan semangat dan menghabiskan teh manis yang tinggal setengah gelas, sedangkan Tika segera membantu Ema untuk membereskan meja. See You 😉.
Ada masukan yang sifatnya membangun terkait masalah Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013, silahkan disampaikan, kami dengan senang hati segera menanggapinya😊😊.
Jika Bermanfaat👌 Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring👀
Video pilihan khusus untuk Anda 😂 Masih menganggap matematika hanya hitung-hitungan semata, mari kita lihat kreativitas siswa ini;
Sumber https://www.defantri.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk RA dan Madrasah se Kanwil Kemenag Provinsi Banten. Adalah Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi banten Nomor 379 Tahun 2018 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2018/2019 yang mengatur tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan RA dan Madrasah di wilayah provinsi Banten pada Tahun Pelajaran 2018/2019.
SK Kepala Kanwil Kemenag Banten ini sejalan dengan SK Dirjen Pendis Nomor 2941 Tahun 2018 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Pokok-pokok kegiatan dalam Kalender Pendidikan RA dan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Banten tersebut adalah sebagai berikut.
1. Kaldik Semester I 2018/2019
Kegiatan pada Semester I (Gasal) dimulai pada 16 Juli 2018 dan berakhir pada 5 Januari 2019. Pembagian raport Semester Ganjil sendiri direncanakan pada 21 Desember 2018 yang dilanjutkan dengan libur semester ganjil hingga tanggal 5 Januari 2019.
Selengkapnya adalah sebagai mana berikut.
SEMESTER GANJIL
TANGGAL
KETERANGAN
1-15 Juli 2018
Libur Akhir Tahun 2017/2018 dan PPDB
16-21 Juli 2018
Kegiatan Awal Masuk Madrasah / MATSAMA / MPPT
17 Agustus 2018
Hari Proklamasi Kemerdekaan
22 Agustus 2018
Libur Hari Raya Idul Adha 1439 H
11 September 2018
Libur Tahun Baru Islam 1440 H
8 - 13 Oktober 2019
Penilaian Tengah Semester
20 November 2018
Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H
3-8 Desember 2018
Penilaian Akhir Semester / Tahun
21 Desember 2018
Pembagian raport Semester Ganjil
22 Des -5 Jan 2018
Libur Semester Ganjil
24-25 Desember 2018
Libur Hari Raya Natal dan Cuti Bersama
1 Januari 2019
Libur Tahun Baru Masehi 2019
3 Januari 2018
Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI
5 Februari 2019
Libur Tahun Baru Imlek
2. Kaldik Semester II 2018/2019
Kegiatan di semester II (Genap) direncanakan mulai pada tanggal 7 Januari 2019. Dengan minggu efektif mencapai 15 Minggu direncanakan pembagian raport semester genap (kenaikan kelas) dapat dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2019, setelah libur Idul Fitri.
Setelah pembagian raport dilanjutkan dengan libur semester 2 hingga tanggal 13 Juli 2019. Sehingga Tahun pelajaran berikutnya, 2019/2020 akan dimulai pada tanggal 15 Juli 2019.
Selengkapnya adalah sebagai mana berikut.
SEMESTER GENAP
TANGGAL
KETERANGAN
4-9 Maret 2019
Penilaian Tengah Semester Genap
7 Maret 2019
Libur Hari Raya Nyepi
18-23 Maret 2019
Tes Kemampuan Dasar & Penilaian Mutu Pendidikan/Perkiraan US
25 Mar - 11 Mei 2019
Perkiraan UAM / UAMBN / USBD / UMBN dan UN
3 April 2019
Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1440 H
19 April 2019
Libur Wafat Isa Al Masih
1 Mei 2019
Libur Hari Buruh
19 Mei 2019
Libur Hari Raya Waisak
20 - 25 Mei 2019
Penilaian Akhir Semester / Tahun
30 Mei 2019
Libur Kenaikan Isa Al Masih
31 Mei - 11 Juni 2019
Libur awal Puasa dan sekitar Idul Fitri
1 Juni 2019
Libur Hari Lahir Pancasila
21 Juni 2019
Pembagian raport
22 Juni - 13 Juli 2019
Libur Semester 2
3. Unduh Kaldik Madrasah Banten 2018/2019
Untuk lebih jelasnya, sila unduh Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten Nomor 379 Tahun 2018 tentang Kalender Pendidikan Madarsah Tahun Pelajaran 2018/2019.
SK Kankanwil Kemenag Banten No 379 Tahun 2018 tentang Kalender Pendidikan Madarsah Tahun Pelajaran 2018/2019; UNDUH DI SINI
Kalender Pendidikan Madrasah dalam format file excel; UNDUH DI SINI
4. Kaldik 2018/2019 untuk Provinsi Lain
Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk provinsi lainnya, silakan lihat di tautan berikut ini:
Seperti pada postingan sebelumnya dimana saya telah membagikan cara untuk share folder / file dari computer server ke computer client. Cara tersebut sangat simple dan dapat dilakukan hanya dengan hitungan detik, Kemudian dengan menggunakan cara tersebut juga sangat menghemat waktu dalam melakukannya. Silahkan baca :CARA SHARE FOLDER/FILE DARI KOMPUTER SERVER KE KOMPUTER CLIENT
Jika anda sudah mengetahui cara tentang bagaimana menshare suatu folder atau file dari satu computer ke computer lainnya maka kini saatnya anda juga harus tahu bagaimana cara mengetahui apakah folder/file tersebut telah berhasil masuk kedalam computer client.
Nah untuk mengetahuinya anda dapat melakukannya sesuai dengan cara yang akan saya bagikan pada postingan kali ini. Sebenarnya cara untuk mengetahui atau membuka hasil share suatu folder/file di computer client sangat mudah sekali namun untuk kembali mengingatkan siapa tahu anda lupa maka saya akan menjelaskannya agar file tersebut dapat terlihat di computer client.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. pertama silahkan buka computer client
2. kemudian buka “windows explorer” atau dapat dilakukan dengan cara singkat yaitu tekan tombol WIN + E pada keyboard.
3. setelah itu klik menu “network” dan ketikkan nomor ip address computer server (yang merupakan computer pengirim folder/file) melalui kotak pencarian kemudian tekan ENTER,seperti pada gambar di bawah ini
Catatan:
Sebagai contoh jika IP address server adalah 192.168.1.50 maka cara untuk menginputnya adalah ketikkan sebagai berikut è\\192.168.1.50 è kemudian tekan enter .
(garis miring yang digunakanbukan miring kekiri tetapi yang miring ke kanan )
4. Setelah itu akan terlihat tampilan computer server dan silahkan klik 2x gambar computer server tersebut untuk melihat hasil share yang telah dikirimkan, maka nantinya hasil folder/file tersebut akan terlihat.
Jangan lupa copy hasil share tersebut dan pindahkan ke masing-masing computer client.
Sekian tutorial kali ini tentang cara membuka / melihat hasil share dari computer server ke computer client, semoga postingan ini dapat bermanfaat.
Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Postingan ini sengaja saya buat sebagai pengingat bagi diri saya sendiri sebagai seorang operator sekolah yang sangat sibuk dengan hal-hal yang berhubungan dengan aplikasi,computer dan jaringan.
Tidak semua cara yang telah kita ketahui akan selalu kita ingat karena jika cara tersebut sudah jarang untuk di praktekkan maka lambat laun kita akan melupakannya.
Jika anda memilIki suatu laboratorium computer pastilah anda akan sedikit banyak memahami tentang penggunaan dan pemanfaatannya, Baik dari segi jaringan dan pengaplikasiannya. Sebenarnya banyak sekali cara-cara yang bisa kita pelajari tentang penggunaan dan pemanfaatan dari computer dan jaringan.
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting mengenai cara membagikan atau share suatu folder ataupun file dari computer satu menuju ke computer lainnya. Cara ini sebenarnya wajib untuk di ketahui oleh para guru ataupun siapa saja yang bekerja di bidang laboratorium computer karena dengan mengetahui cara ini akan sangat mempermudah pekerjaan terutama dalam kegiatan membagikan aplikasi dari satu computer ke computer lainnya.
Jika anda tidak memiliki labortorium computer cara membagikan folder atau file dari satu computer ke banyak computer dapat juga dilakukan dengan catatan computer yang satu dengan yang lainnya harus terhubung dengan jaringan LAN.
Computer utama yang merupakan computer server harus terhubung dengan computer lainnya yang merupakan computer client dan harus berada dalam satu jaringan agar proses share folder atau file dapat terlaksana dengan baik. Cara share folder ini sangat mempersingkat waktu dan pekerjaan sebab dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik dan folder yang akan di bagikan sudah dapat di miliki oleh banyak computer.
Jika anda memiliki suatu file baik berupa dokumen ataupun berbentuk aplikasi dan ingin membagikannya kepada teman maka dengan mempraktekkan cara yang akan saya share kali ini tidak lagi membutuhkan device berupa flashdisk melainkan cukup berada dalam satu jaringan LAN (local area network). Jika anda membagikan suatu folder dengan menggunakan flashdisk maka cara tersebut sangat membutuhkan waktu yang sangat lama apalagi jika folder tersebut akan di bagikan kepada banyak computer.
Berikut ini cara share folder/file dari computer server ke computer client.
1. Melalui computer server silahkan anda pilih folder yang akan di share ke computer client,
2. kemudian klik kanan folder yang akan dibagikan tersebut dan pilih “share with” kemudian pilih lagi “specific people” ( seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini )
2. kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini dan arahkan kursor pada kotak segitiga dan pilih tulisan “everyone”
3. setelah itu klik “Add” seperti tampak pada gambar di bawah
4. pada pelihan everyone silahkan pilih tulisan “read/write” yang artinya folder yang akan dibagikan tersebut nantinya dapat di lihat dan dapat di edit. Namun jika anda ingin agar folder/file tersebut hanya bisa untuk di lihat atau di baca saja tanpa bisa di edit maka pilihan yang di gunakan adalah “read”
Setelah itu langkah terakhir adalah klik “share”
5. jika sudah maka akan muncul pemberitahuan bahwa folder tersebut telah berhasil di share dan silahkan klik tulisan “Done”
Buku Tematik Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku guru dan buku siswa tematik kelas V SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan buku guru dan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.
Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.
Buku tematik terpadu Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.
Untuk mendapatkan Buku guru dan buku siswa tematik kelas V SD/MI kurikulum 2013 Revisi 2017 caranya sangat mudah cukup dengan mengunduhnya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini
Selamat berjumpa kembali di blog IndoINT.blogspot.com Melalui blog IndoINT.blogspot.comini, saya telah banyak membagikan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 untuk edisi revisi terbaru yang saat ini di gunakan oleh seluruh satuan pendidikan. Sebelum saya membahas lebih jauh tentang perangkat pembelajaran silabus, maka pada kesempatan kali ini, maka saya ingin menginformasikan kepada anda bahwa apabila anda membutuhkan informasi mengenai dunia bisnis online,internet, blog, tutorial,traveling,tips dan trik serta masih banyak lagi yang lainnya seputar teknologi maka silahkan anda berkunjung ke blogcogelrandy.com, sebab di dalam blog cogelrandy.comtersebut banyak informasi menarik yang dapat anda peroleh. Berbicara mengenai perangkat pembelajaran , pada postingan saya sebelumnya saya telah banyak membagikan perangkat pembelajaran mulai dari perangkat pembelajaran revisi 2018 hingga perangkat pembelajaran revisi 2019. Perangkat pembelajaran yang telah saya bagikan tersebut merupakan perangkat pembelajaran yang semuanya dapat di download dengan mudah dan tidak berbelit-belit serta dapat di dapatkan secara gratis. berbagai jenis perangkat pembelajaran yang telah saya bagikan melalui blog IndoINT.blogspot.comdi antaranya yaitu perangkat pembelajaran untuk jenjang SD,SMP,SMA dan SMK.
Perangkat pembelajaran sangat di perlukan oleh seorang guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan membuat perangkat pembelajaran berarti seorang guru telah menyiapkan rencana yang nantinya akan dilaksanakan pada saat melakukan proses pembelajaran.
Perangkat pembelajaran yang harus di siapkan oleh seorang guru sebelum melakukan proses pembelajaran antara lain silabus,RPP,program semester,program tahunan,KKM, dan masih banyak lagi yang lainnya. Perangkat tersebut merupakan alat perang yang harus disiapkan oleh seorang guru agar pekerjaan dalam mengajar dapat berjalan dengan lancar.
Pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan sebuah perangkat pembelajaran yaitu berupa RPP gratis kurikulum 2013 lengkap semua mata pelajaran untuk jenjang SMP dan sudah merupakan RPP edisi revisi terbaru.
Perangkat rpp tersebut sengaja saya bagikan secara gratis agar dapat dimiliki oleh siapapun yang membutuhkannya dan ternyata peminatnya sudah mencapai ribuan dalam mendownload rpp tersebut.
Bagi bapak dan ibu guru yang belum sempat memilikinya dan ingin mendapatkan rpp tersebut secara gratis dapat memperolehnya melalui alamat link di bawah ini:
Pada postingan sebelumnya saya juga telah memposting mengenai Perangkat Pembelajaran gratis kurikulum 2013 lengkap untuk jenjang SMP dan jenjang SMA untuk semua mata pelajaran edisi revisi terbaru.
Jika anda belum sempat mendownload perangkat pembelajaran lengkap untuk jenjang SMP dan SMA maka silahkan kunjungi judul di bawah ini :
Baiklah sesuai dengan judul pada postingan ini saya pun akan membagikan silabus smp untuk kelas 7,8, dan 9 lengkap semua mata pelajaran yang juga merupakan silabus kurikulum 2013 edisi revisi.
Silabus sangat penting untuk dimiliki oleh seorang guru karena silabus merupakan suatu pedoman dalam pembuatan RPP .
Jika anda membutuhkan silabus tersebut maka berikut ini saya bagikan secara gratis agar dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan rpp dan sebagai pelengkap dalam perangkat pembelajaran.
Untuk mendownloadnya silahkan klik judul silabus setiap mata pelajaran di bawah ini :
Demikianlah yang dapat saya share atau bagikan pada postingan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya serta dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan.
Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.