RPP K13 Mapel Matematika Kelas 7 (Revisi)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

RPP K13 Mapel Matematika Kelas 7 (Revisi) ini kami bagikan secara gratis kepada anda semuanya sebagai pedoman pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik.

ini kami bagikan secara gratis kepada anda semuanya sebagai pedoman pembuatan rencana pela RPP K13 Mapel Matematika Kelas 7 (Revisi)


Adapun cuplikan isi RPP tersebut adalah sebagai berikut:

Materi Pokok : Bilangan

C.    Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Memberikan contoh bilangan bulat positif dan negatif.

2.    Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif.

3.    Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif.

Pertemuan 2:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan.

2.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.

Pertemuan 3:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.

2.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan bulat.

Pertemuan 4:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Menentukan KPK dan FPB pada bilangan bulat.

2.    Membandingkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil)

Pertemuan 5:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi, presentasi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran, dan sebaliknya.

2.    Mengubah pecahan biasa ke desimal, dan sebaliknya.

Pertemuan 6:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi, presentasi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Mengubah pecahan biasa ke persen, dan sebaliknya.

2.    Mengubah pecahan biasa ke permil, dan sebaliknya.

Pertemuan 7:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Mengurutkan bilangan pecahan dari yang terkecil ke nilai terbesar, dan sebaliknya.

2.    Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan mengurutkan bilangan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen dan permil).

Pertemuan 8:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan.

2.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan.

Pertemuan 9:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Menentukan hasil operasi hitung perkalian pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.

2.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian pada bilangan pecahan.

Pertemuan 10:

Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:

1.    Menentukan hasil operasi hitung pembagian pada bilangan pecahan dengan memanfaatkan sifat-sifat operasi perkalian dan pembagian.

2.    Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi hitung pembagian pada bilangan pecahan

Download RPP K13 Mapel Matematika Kelas 7 (Revisi)


Silahkan anda unduh filenya pada link yang ada di bawah ini

SIMPAN FILE


Demikianlah informasi mengenai RPP K13 Mapel Matematika Kelas 7 (Revisi) yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber https://www.harianmadrasah.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Pengertian Kemerdekaan Beragama dan Berkepercayaan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pengertian Kemerdekaan Beragama dan Berkepercayaan


Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang beragama. Kehidupan beragama merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk kalian sebagai pelajar.

Setiap awal pelajaran kalian tentunya selalu dipersilakan untuk berdoa berdasarkan agama dan kepercayaannya masing-masing. Begitupun ketika berada di lingkungan keluarga atau masyarakat, kalian dapat melakukan berbagai kegiatan keagamaan dengan nyaman, aman dan tertib.

Hal itu semua, dikarenakan di negara kita sudah ada jaminan akan kemerdekaan beragama dan kepercayaan yang dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia. Coba kalian amati gambar di bawah ini

 Pengertian Kemerdekaan Beragama dan Berkepercayaan Pengertian Kemerdekaan Beragama dan Berkepercayaan


Apa yang kalian pikirkan setelah melihat gambar di atas? Tentu saja kalian sudah dapat menyimpulkan bahwa setiap orang di negara Indonesia dapat melakukan berbagai macam aktivitas keagamaan sebagai wujud dari adanya kemerdekaan beragama dan kepercayaan. Apa sebenarnya kemerdekaan beragama dan berkepercayaan itu?

Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan mengandung makna bahwa setiap manusia bebas memilih, melaksanakan ajaran agama menurut keyakinan dan kepercayaannya. Setiap manusia tidak boleh dipaksa oleh siapapun, baik itu oleh pemerintah, pejabat agama, masyarakat, maupun orang tua sendiri.

Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan muncul dikarenakan secara prinsip tidak ada tuntunan dalam agama apa pun yang mengandung paksaan atau menyuruh penganutnya untuk memaksakan agamanya kepada orang lain, terutama terhadap orang yang telah menganut salah satu agama.

Setiap orang memiliki kemerdekaan beragama, tetapi apakah boleh kita untuk tidak beragama? Tentu saja tidak boleh, kemerdekaan beragama itu tidak dimaknai sebagai kebebasan untuk tidak beragama atau bebas untuk tidak beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemerdekaan beragama bukan pula dimaknai sebagai kebebasan untuk menarik orang yang telah beragama atau mengubah agama yang telah dianut seseorang. Selain itu kemerdekaan beragama juga tidak diartikan sebagai kebebasan untuk beribadah yang tidak sesuai dengan tuntunan dan ajaran agama masingmasing.

Setiap manusia tidak diperbolehkan menistakan agama dengan melakukan peribadatan yang menyimpang dari ajaran agama yang dianutnya.

Kemerdekaan beragama dan kepercayaan di Indonesia dijamin oleh UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Pasal 28 E ayat (1) dan (2) sebagai berikut.

1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.

2) Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya.

Di samping itu, dalam Pasal 29 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ayat (2) disebutkan, bahwa “negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

Ketentuan-ketentuan di atas, semakin menunjukkan bahwa di Indonesia telah dijamin adanya persamaan hak bagi setiap warga negara untuk menentukan dan menetapkan pilihan agama yang ia anut, menunaikan ibadah serta segala kegiatan yang berhubungan dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Dengan kata lain, seluruh warga negara berhak atas kemerdekaan beragama seutuhnya, tanpa harus khawatir negara akan mengurangi kemerdekaan itu.

Dikarenakan kemerdekaan beragama tidak boleh dikurangi dengan alasan apapun sebagaimana diatur dalam Pasal 28 I ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa “hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun.” Oleh karena itu, untuk mewujudkan ketentuan tersebut, diperlukan hal-hal sebagai berikut.

a. Adanya pengakuan yang sama oleh pemerintah terhadap agama-agama yang dipeluk oleh warga negara.

b. Tiap pemeluk agama mempunyai kewajiban, hak dan kedudukan yang sama dalam negara dan pemerintahan.

c. Adanya kebebasan yang otonom bagi setiap penganut agama dengan agamanya itu, apabila terjadi perubahan agama, yang bersangkutan mempunyai kebebasan untuk menetapkan dan menentukan agama yang ia kehendaki.

d. Adanya kebebasan yang otonom bagi tiap golongan umat beragama serta perlindungan hukum dalam pelaksanaan kegiatan peribadatan dan kegiatan keagamaan lainnya yang berhubungan dengan eksistensi agama masing- masing.
Sumber https://www.panduandapodik.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Integral Tak Tentu - Matematika Wajib Kelas XI

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.




Pada kurikulum 2013 revisi, materi integral dipelajari di kelas XI pada matematika wajib.
Dalam kalkulus, ada dua konsep dasar integral yang dipelajari, yaitu integral tak tentu (indefinite integral) dan integral tentu (definite integral).

Konsep integral tak tentu merupakan kebalikan atau invers dari turunan atau diferensial, oleh karena itu integral disebut juga sebagai anti turunan. Dengan kata lain, integral tak tentu atau anti diferensial merupakan cara untuk menemukan fungsi asal dari suatu fungsi yang sudah diturunkan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan mengenai integral berikut ini  dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasan.

Integral Tak Tentu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, integral merupakan kebalikan dari turunan. Sebagai contoh, perhatikan ilustrasi berikut:

Misal ada soal seperti ini, Tentukan turunan dari $\displaystyle f(x)=4x^3+2x^2-5x+3$  berdasarkan konsep turunan yang pernah kita pelajari maka kita bisa menjawab bahwa turunan dari $\displaystyle f(x)=4x^3+2x^2-5x+3$ adalah $\displaystyle f'(x)=12x^2+4x-5$.

Tapi bagaimana jika pertanyaanya adalah, tentukan fungsi $f(x)$ jika diketahui turunan dari $f(x)$ adalah $f'(x)=12x^2+4x-5$. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita butuh konsep antiturunan atau integral.

Jika $F'(x)=f(x)$, maka $\displaystyle\int f(x)=F(x)+C$ dengan $C$ suatu konstanta dan $C\in$ bilangan real.

  Rumus Dasar Integral

Untuk setiap bilangan real $n\ne -1$, maka: $$\int x^n dx=\frac{1}{n+1}x^{n+1}+C$$
Kebenaran rumus ini dapat dengan mudah kita buktikan dengan menurunkan fungsi pada ruas kanan sebagai berikut:

$\displaystyle\frac{d}{dx}\left(\frac{1}{n+1}x^{x+1}+C\right)=\frac{n+1}{n+1}x^{(n+1)-1}+0=x^n$

  Rumus perkalian skalar
$$\int k f(x) dx=k\int f(x) dx $$ untuk setiap $k$ bilangan real

Perhatikan beberapa contoh soal dan pembahasan berikut ini:

  Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Integral
$$\int\left(f(x)\pm g(x)\right)dx=\int f(x)dx\pm\int g(x) dx$$

Contoh 1

$\displaystyle \int x^4 dx=$ ....

  Jawab:
Dalam integral di atas, $n=4$. Dengan menggunkan Rumus Dasar Integral, maka kita peroleh

$\begin{align*}\int x^4 dx&=\frac{1}{4+1}x^{4+1}+C\\&=\frac{1}{5}x^5+C\end{align*}$

  Contoh 2

$\displaystyle\int \frac{1}{x^3} dx=$ ....

  Jawab:
$\displaystyle \frac{1}{x^3}$ dapat dinyatakan sebagai $x^{-3}$, maka:

$\begin{align*}\int\frac{1}{x^3} dx&=\int x^{-3} dx\\&=\frac{1}{-3+1}x^{-3+1}+C\\&=-\frac{1}{2}x^{-2}+C\\&=-\frac{1}{2x^2}+C\end{align*}$

  Contoh 3

$\displaystyle\int \sqrt[3]{x^2}=$ ....

 Jawab:

$\displaystyle\sqrt[3]{x^2}$ dapat dinyatakan sebagai $\displaystyle x^{\frac{2}{3}}$, maka:

$\begin{align*}\int \sqrt[3]{x^2} dx&=\int{x^{\frac{2}{3}}}dx\\&=\frac{1}{\frac{2}{3}+1}x^{\frac{2}{3}+1}+C\\&=\frac{1}{\frac{5}{3}}x^{\frac{5}{3}}+C\\&=\frac{3}{5}x^{\frac{5}{3}}+C\\&=\frac{3}{5}x\sqrt[3]{x^2}+C\end{align*}$

Baca juga : Download Soal Integral Tak Tentu pdf 

  Contoh 4

$\displaystyle\int {4x^3} dx=$ ....

  Jawab:

$\begin{align*}\int{4x^3}dx&=4\int{x^3}dx\\&=4.\frac{1}{3+1}x^{3+1}+C\\&=\frac{4}{4}x^4+C\\&=x^4+C\end{align*}$

  Contoh 5

$\displaystyle\int \left(3x^2-4x+5\right)=$ ....

  Jawab:

$\begin{align*}\int{\left(3x^2-4x+5\right)dx}&=3\int x^2 dx-4\int x dx+5\int dx\\&=3\left(\frac{1}{3}x^3\right)-4\left(\frac{1}{2}x^2\right)+5x+C\\&=x^3-2x^2+5x+C\end{align*}$

  Contoh 6

$\displaystyle\int \left(x^2-3\right)^2 dx=$ ....

  Jawab:

$\begin{align*}\int{\left(x^2-3\right)^2} dx&=\int\left(x^4-6x^2+9\right)dx\\&=\int x^4 dx-6\int x^2 dx+9\int dx\\&=\frac{1}{5}x^5-6\left(\frac{1}{3}x^3\right)+9x+C\\&=\frac{1}{5}x^5-2x^3+9x+C\end{align*}$

  Contoh 7

$\displaystyle\int\left(\frac{x^2+1}{\sqrt{x}}\right)dx=$ ....

  Jawab:

$\begin{align*}\int\left(\frac{x^2+1}{\sqrt{x}}\right)dx&=\int\left(\frac{x^2}{\sqrt{x}}+\frac{1}{\sqrt{x}}\right)dx\\&=\int\left(\frac{x^2}{x^{\frac{1}{2}}}+\frac{1}{x^{\frac{1}{2}}}\right)dx\\&=\int\left(x^{\frac{3}{2}}+x^{-\frac{1}{2}}\right)dx\\&=\frac{2}{5}x^{\frac{5}{2}}+2x^{\frac{1}{2}}+C\\&=\frac{2}{5}x^2\sqrt{x}+2\sqrt{x}+C\end{align*}$

Demikianlah contoh soal dan pembahasan integral tak tentu.
Tunggu pembahasan integral selanjutnya di blog ini




Sumber https://www.m4th-lab.net/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Matematika Dasar Dimensi Tiga (*Soal Uji Kompetensi Buku Kurikulum 2013)

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

ni ada beberapa soal tentang dimensi tiga dari buku kelas XII kurikulum  Matematika Dasar Dimensi Tiga (*Soal Uji Kompetensi Buku Kurikulum 2013)Ini ada beberapa soal tentang dimensi tiga dari buku kelas XII kurikulum 2013, mungkin kita bisa diskusikan, karena di sekolah mungkin tidak semua nanti soal ini akan dibahas,... kata Tika kepada Mat.

Baiklah, mana coba kita baca bersama bukunya..., balas Mat, ...lalu Tika coba buka buku SMA Kelas XII Kurikulum 2013 Halaman 25.

Soal Nomor 1:

Perhatikan gambar berikut:
ni ada beberapa soal tentang dimensi tiga dari buku kelas XII kurikulum  Matematika Dasar Dimensi Tiga (*Soal Uji Kompetensi Buku Kurikulum 2013)
a. Dari Gambar $(a)$, tentukan jarak dari titik $A$ ke $D$.
b. Dari Gambar $(b)$, tentukan jarak titik $P$ terhadap garis $g$.
c. Dari Gambar $(c)$, tentukan jarak titik $P$ pada bidang-$K$.
Alternatif Pembahasan:

Kalau melihat soal nomor 1 ini sepertinya kita diajak untuk memahami konsep jarak itu, yaitu Jika AB adalah yang terpendek antara semua ruas garis penghubung titik-titik itu, maka panjang ruas garis AB disebut jarak.

  • $(a)$, jarak dari titik $A$ ke $D$ adalah panjang $AD$ yaitu $AC+CD=$$17\ m +29\ m=46\ m$
  • $(b)$, jarak titik $P$ terhadap garis $g$ adalah panjang $PP_{1}$ karena $P_{1}$ terletak pada garis $g$ dan $PP_{1}\ \perp g$.
  • $(c)$, jarak titik $P$ pada bidang-$K$ adalah $PP_{1}$ karena $P_{1}$ terletak pada garis $RP_{1}$ atau garis $QP_{1}$ dimana garis $RP_{1}$ atau garis $QP_{1}$ terletak pada bidang-$K$ dan $PP_{1} \perp QP_{1}$ atau $PP_{1} \perp RP_{1}$.

Soal Nomor 2:

Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $9\ cm$. Buat ilustrasi kubus tersebut. Tentukan langkah menentukan jarak titik $F$ ke bidang $BEG$. Kemudian hitunglah jarak titik $F$ ke bidang $BEG$.
Alternatif Pembahasan:

Pertama kita pastinya harus bisa menggambar kubus $ABCD.EFGH$ dan bidang $BEG$

ni ada beberapa soal tentang dimensi tiga dari buku kelas XII kurikulum  Matematika Dasar Dimensi Tiga (*Soal Uji Kompetensi Buku Kurikulum 2013)
Langkah-langkah menentukan jarak titik $F$ ke bidang $BEG$, kurang lebih dapat kita lakukan seperti berikut ini;
  • Pertama, kita tarik garis pada bidang $BEG$ misalkan kita sebut garis $BB'$.
  • Kedua, kita tarik garis dari $F$ sehingga tegak lurus pada garis $BB'$ misalkan kita sebut garis $FF'$.
  • Ketiga, karena $FF' \perp BB'$ maka jarak titik $F$ ke bidang $BEG$ adalah panjang $FF'$.
ni ada beberapa soal tentang dimensi tiga dari buku kelas XII kurikulum  Matematika Dasar Dimensi Tiga (*Soal Uji Kompetensi Buku Kurikulum 2013)
Untuk menghitung jarak titik $F$ ke bidang $BEG$ yaitu panjang $FF'$, kita membutuhkan beberapa data tambahan, antara lain;
Karena $\triangle BEG$ adalah samakaki maka $BB' \perp EG$ dan $B'$ adalah titik tengah $EG$,
sehingga berlaku $BB'=\sqrt{BG^{2}-B'G^{2}}$
$BB'=\sqrt{(9\sqrt{2})^{2}-(\frac{9}{2}\sqrt{2})^{2}}$
$BB'=\sqrt{162-\frac{81}{2}}$
$BB'=\sqrt{\frac{324}{2}-\frac{81}{2}}$
$BB'=\sqrt{\frac{243}{2}}$
$BB'=\frac{9}{2}\sqrt{6}$

Coba perhatikan $\triangle BFB'$ adalah segitiga siku-siku di $F$, sehingga kita bisa menghitung luasnya denga cara;
$[BFB']=\frac{1}{2} \times BF \times FB'$
$[BFB']=\frac{1}{2} \times 9 \times \frac{9}{2} \sqrt{2}$
$[BFB']=\frac{81}{4} \sqrt{2}$

Luas $\triangle BFB'$ dapat juga kita hitung luasnya dengan cara;
$[BFB]=\frac{1}{2} \times BB' \times FF'$
$[BFB]=\frac{1}{2} \times \frac{9}{2}\sqrt{6} \times FF'$
$\frac{81}{4}\sqrt{2}=\frac{1}{2} \times \frac{9}{2}\sqrt{6} \times FF'$
$\frac{81}{4}\sqrt{2}=\frac{9}{4}\sqrt{6} \times FF'$
$81\sqrt{2}=9\sqrt{6} \times FF'$
$9\sqrt{2}=\sqrt{6} \times FF'$
$FF'=\frac{9\sqrt{2}}{\sqrt{6}}$
$FF'=\frac{9}{\sqrt{3}}$
$FF'=3\sqrt{3}$

Jarak titik $F$ ke bidang $BEG$ adalah $3 \sqrt{3}$.

Sebagai catatan; jika panjang rusuk kubus di rubah panjangnya misal jadi $a$, maka jarak titik ke bidang dengan posisi sama seperti soal diatas adalah $\frac{1}{3} a \sqrt{3}$. Penjelasannya silahkan simak di Pertanyaan Tentang Jarak Titik ke Bidang [Geometri] atau Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Terbuat Dari Kertas.


Soal Nomor 3:

Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk $a$. Jika titik $P$ terletak pada perpanjangan $AB$ sehingga $PB = 2a$, dan titik $Q$ pada perpanjangan $FG$ sehingga $QG = a$.
a. Buatlah ilustrasi dari masalah di atas.
b. Tentukan $PQ$.
Alternatif Pembahasan:

Jika kita gambarkan ilustrasi dari masalah diatas kurang lebih seperti berikut ini;

ni ada beberapa soal tentang dimensi tiga dari buku kelas XII kurikulum  Matematika Dasar Dimensi Tiga (*Soal Uji Kompetensi Buku Kurikulum 2013)
Untuk menghitung $PQ$ kita perlu beberapa garis bantu, antara lain;
Titik potong perpanjangan garis $EF$ dengan garis yang tegak lurus $AP$ di $P$ kita misalkan Titik $R$. Lalu jika kita hubungkan titik $P,\ Q, R$ maka akan kita peroleh segitiga $PQR$ yang siku-siku di $R$.
ni ada beberapa soal tentang dimensi tiga dari buku kelas XII kurikulum  Matematika Dasar Dimensi Tiga (*Soal Uji Kompetensi Buku Kurikulum 2013)
$PQ=\sqrt{PR^{2}+QR^{2}}$
dimana $PR=a$ dan $QR=\sqrt{QF^{2}+FR^{2}}$
$QR=\sqrt{(2a)^{2}+(2a)^{2}}$
$QR=\sqrt{8a^{2}}$
$QR=2a\sqrt{2}$

Install Geisa Online DHGTK FingerPrint

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Karena ada sinyal akan diberlakukannya Geisa Online untuk mempermudah absensi GTK yang terhubung dengan DHGTK melalui finger print, oleh karena itu saya mencoba untuk melakukan instalasi aplikasi geisa online tanpa tanpa setup fingerprint. Dulu sebelum Geisa Client keluar dengan versi terbaru (1.5.2 beta) terjadi error saat mengakses login ke dasbor dengan menggunakan alamat http://localhost:9315 setelah instalasi dengan versi terbarunya untuk login bisa langsung terarah secara otomatis tanpa harus menuliskan alamatnya.
Karena ada sinyal akan diberlakukannya Geisa Online untuk mempermudah absensi GTK yang ter Install Geisa Online DHGTK FingerPrint
Instalasi Geisa client yang sukses akan tampil seperti gambar diatas. Karena sekolah menggunakan dapodikdasmen maka yang terhubung adalah dapodik disdakmen. Untuk login ke dalam dasbornya silahkan gunakan usernamae dan password dari dapodikdasmen.
Karena ada sinyal akan diberlakukannya Geisa Online untuk mempermudah absensi GTK yang ter Install Geisa Online DHGTK FingerPrint
Semua tampak normal namun setelah dilihat pada status koneksi, hanya koneksi ke mesin finger print yang masih offline ini karena diawal sudah saya katakan bahwa instalasi ini tanpa melakukan setup pada mesin finger printnya. Untuk memastikan koneksi ke server geisa dengan status online maka pastikan koneksi internet berjalan normal.

Melakukan koneksi mesin finger print dengan status online membutuhkan setting lanjutan pada mesin finger printnya. Sebaiknya menggunakan mesin fingr print yang sudah kompatibel dengan geisa client sehingga pengaturannya bisa lebih mudah.

Melakukan sinkronisasi data GTK dan Pengawas dari Dapodik ke Geisa Online

Karena ada sinyal akan diberlakukannya Geisa Online untuk mempermudah absensi GTK yang ter Install Geisa Online DHGTK FingerPrint
Secara default data GTK dan pengawas belum muncul dalam aplikasi geisa. Untuk menambah data guru dan pengawas perlu melakukan pemutakhiran data yakni dengan cara menekan tombol "Memutakhirkan GTK dari Dapodik" sedangkan untuk data pengawas bisa ditambah secara manual melalui tombol "tambah pengawas". Setelah melakukan sinkronisasi data dari dapodik maka semua data GTK akan muncul pada dasbor Geisa sehingga kita tidak perlu menambah data guru secara manual.

Melakukan sinkronisasi pada log kehadiran harus terhubung ke mesing finger print jika status mesin masi offline maka Anda belum bisa melihat daftar kehadiran guru sehingga Anda belum bisa melakukan pengaturan pada Log tersebut.

Untuk instalasi finger printnya panduannya bisa di download melalui link dibawah:
https://drive.google.com/open?id=1zsyVWp-anICRMNhbB7_GlnhHvGSfgQTl
Sumber https://ibadjournals.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Perbedaan Tak Terdefinisi, Tak Hingga dan Tak Tentu [masalah pembagian dengan 0]

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.




Dalam matematika banyak sekali istilah yang perlu kita pahami. Salah satu masalah yang muncul, ketika kita menemukan kasus pembagian suatu bilangan dengan nol, seperti beberapa pertanyaan berikut yang mungkin anda sendiri pernah mempertanyakannya, "Apakah  hasil dari $\frac{1}{0}$ adalah tak terdefinisi atau tak hingga?",  "Bagaimana dengan $\frac{0}{0}$?", "Berapa nilai dari $tan{\frac{\pi}{2}}$ ?", "Apakah $\displaystyle\lim_{x\to 1}{\frac{1}{x-1}}=\infty$?" dan banyak pertanyaan lain terkait pembagian nol.

Baiklah, mari kita bahas beberapa istilah berikut yaitu Tak terdefinisi, tak hingga, dan tak tentu

Tak Terdefinisi (Undefined)

Sesuai namanya "tak terdefinisi" adalah sesuatu yang tidak bisa kita definisikan. Dalam matematika, banyak hal yang tidak terdefinisi (undefined) beberapa contoh diantaranya misalnya dalam geometri, kita sering mendengar dengan istilah "titik", namun tidak ada definisi yang menjelaskan apa itu titik. Contoh lain di luar geometri misalnya suatu fungsi $\displaystyle f(x)=\sqrt{x}$ tidak terdefinisi untuk $x$ negatif dengan $x$ anggota bilangan real dan $f(x)\in$ Real.

Dalam aritmetika, ketika kita membagi suatu bilangan dengan nol, maka hasilnya adalah tidak terdefinisi (bukanlah tak hingga). Perhatikan ilustrasi berikut:

Kita tahu bahwa pembagian adalah invers (balikan) dari perkalian, misal $\displaystyle\frac{a}{b}=c$ maka dapat kita nyatakan $\displaystyle c\times b=a$.

Contoh, $\displaystyle\frac{18}{3}=6$ dapat kita nyatakan $6 \times 3=18$


Namun, bagaimana dengan $\displaystyle\frac{18}{0}=x$, maka $x\times 0=18$, apakah ada nilai $x$ yang memenuhi? tentu saja jawabannya tidak. Oleh sebab itu, berapapun bilangannnya (selain nol) jika dibagi dengan 0, maka tidak bisa didefinisikan (tak terdefinisi).


Masalah pembagian dengan 0 ini, saya sarankan anda membaca salah satu artikel di mathforum.org mengenai division by zero atau klik disini




Tak Hingga (Infinity)

Istilah "Tak Hingga" atau "Tak Berhingga" atau "Tak Terhingga" merupakan istilah yang kita gunakan untuk menunjukkan suatu nilai yang amat sangat besar (positif tak hingga) atau suatu nilai yang amat sangat kecil (negatif tak hingga), meskipun demikian "tak hingga" bukanlah suatu bilangan (baik real maupun kompleks).

Tak hingga disimbolkan dengan $\displaystyle\infty$.


Dalam kalkulus, tak hingga $(\displaystyle\infty)$ dapat kita perlakukan layaknya lambang suatu bilangan namun harus mengikuti beberapa aturan sebagai berikut:

  1. $\displaystyle a+\infty=\infty$ untuk $a\in$ Bilangan Real
  2. $\displaystyle a-\infty=-\infty$ untuk $a\in$ Bilangan Real
  3. $\displaystyle a\times\infty=\infty$ untuk $a>0$ dan $a\in$ Bilangan Real
  4. $\displaystyle a\times(-\infty)=-\infty$ untuk $a>0$ dan $a\in$ Bilangan Real
  5. $\displaystyle a\times \infty=-\infty$ untuk $a\lt 0$ dan $a\in$ Bilangan Real
  6. $\displaystyle a\times (-\infty)=\infty$ untuk $a\lt 0$ dan $a\in$ Bilangan Real
  7. $\displaystyle 0+\infty=\infty$
  8. $\displaystyle 0-\infty=-\infty$
  9. $\displaystyle\frac{\infty}{a}=\infty$ untuk $a\gt 0$ dan $a\ne\infty$
  10. $\displaystyle\frac{-\infty}{a}=-\infty$ untuk $a\gt 0$ dan $a\ne \infty$
  11. $\displaystyle\frac{a}{\infty}=0$
Sebagai tambahan literatur, silakan baca ini .


Bentuk Tak Tentu (Indeterminate Form)

Sama halnya seperti tak hingga, "bentuk tak tentu" bukanlah suatu bilangan.
Salah satu contoh bentuk tak tentu adalah pembagian nol dengan nol $\displaystyle\left(\frac{0}{0}\right)$. Mungkin beberapa orang mengira bahwa nilai dari $\displaystyle\frac{0}{0}$ adalah 1, karena pembilang dan penyebutnya sama. Namun, hal tersebut keliru. Karena $\displaystyle\frac{0}{0}$ tidak menghasilkan nilai tunggal, karena itu disebut sebagai bentuk tak tentu. Misal $\displaystyle\frac{0}{0}=k$ maka $0\times k=0$, persamaan $0\times k=0$ terpenuhi untuk sembarang nilai $k$ bilangan real, untuk itu $\displaystyle\frac{0}{0}$ tidak memiliki solusi tunggal

Dalam kalkulus, dikenal beberapa bentuk tak tentu sebagai berikut:

  1. $\displaystyle\frac{0}{0}$
  2. $\displaystyle\infty-\infty$
  3. $\displaystyle\frac{\infty}{\infty}$
  4. $\displaystyle 0\times \infty$
  5. $\displaystyle 0^0$
  6. $\displaystyle \infty^0$
  7. $\displaystyle 1^\infty$



Beberapa Masalah Terkait 

Berikut ini beberapa masalah yang berkaitan dengan istilah tak terdefinisi, tak hingga dan tak tentu

1. Dalam Trigonometri

Saya pribadi sering bertanya pada anak didik "Berapa nilai dari $\tan{90^\circ}$?". Banyak diantaranya yang menjawab "Tak hingga" ada juga yang menjawab "Tak terdifinisi". Menurut anda mana yang banar?

Nilai dari $\tan{90^\circ}$ adalah tak terdefinisi. Perhatikan grafik dari $y=\tan{x}$ berikut ini:
Dari grafik $y=\tan{x}$ di atas, bisa kita lihat bahwa kurva sama sekali tidak pernah menyentuh $x=\frac{\pi}{2}$, jadi tampak jelas bahwa nilai dari $\tan{90^\circ}$ tak terdefinisi. Bahkan secara umum dapat dikatakan sebagai berikut:





Dalam Trigonometri, $\tan{\theta}$, $\sec{\theta}$ tidak terdefinisi untuk $\theta=\left(n-\frac{1}{2}\right)\times 180^\circ$, dan $\cot{\theta}$ dan juga $\csc{\theta}$ tidak terdefinisi untuk $\theta=n\times 180^\circ$

2. Dalam Masalah Limit

Bagaimana jika saya bertanya berapakah nilai dari $\displaystyle\lim_{x\to 1}{\frac{1}{x-1}}$?

Jika jawaban anda adalah $\infty$ atau "tak hingga", maka jawaban anda belum tepat.

Nilai suatu limit fungsi ada atau terdefinisi jika limit kiri nilainya sama dengan limit kanan.

Untuk kasus soal di atas, limit kiri fungsi tersebut adalah negatif tak hingga, bisa kita tulis:
$$\lim_{x\to 1^-}{\frac{1}{x-1}}=-\infty$$
Sementara limit kanan fungsi tersebut adalah positif tak hingga, bisa kita tulis:
$$\lim_{x\to 0^+}{\frac{1}{x-1}}=+\infty$$
Karena limit kiri tidak sama dengan limit kanan, maka $\displaystyle\lim_{x\to 1}{\frac{1}{x-1}}$ adalah tidak terdefinisi, artinya limit tersebut tidak memiliki penyelesaian.
$$\lim_{x\to 1^-}{\frac{1}{x-1}}\ne\lim_{x\to 1^+}{\frac{1}{x-1}}\Rightarrow \lim_{x\to 1}{\frac{1}{x-1}}=\text{Tak Terdefinisi}$$

untuk memastikan, perhatikan grafik $\displaystyle y=\frac{1}{x-1}$ berikut ini:




Bisa kita lihat nilai untuk $x=1$ pendekatan dari kiri dan kanan tidaklah sama.

Jadi, tidak semua limit bisa kita cari nilainya, kita harus memastikan apakah limit tersebut terdefinisi atau tidak.

Demikianlah masalah terkait istilah tak terdefinisi, tak hingga, dan tak tentu.

Artikel ini hanya ditulis oleh penulis yang sangat minim ilmu, jadi sebaiknya jangan jadikan tulisan ini sebagai referensi utama, silakan anda cari referensi lain yang lebih terpercaya.

Semoga bermanfaat

Sumber https://www.m4th-lab.net/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

31 Contoh Percakapan Bahasa Arab Sehari-Hari dan Artinya [Terlengkap]

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Sahabat yang semoga selalu dalam lindungan Allah -ta'ala-. Segala puji bagi Allah yang telah mengajarkan hamba-Nya apa yang sebelumnya belum ia ketahui melalui pena dan tulisan. Alhamdulillah awwalan wa aakhiran.

Di blog ini, alhamdulillah saya sudah pernah merampungkan proyek penerjemahan dialog bahasa Arab yang ada di buku ABY ( العَرَبِيَّةُ بَيْنَ يَدَيْكَ ) jilid pertama. Daftar isinya bisa Anda lihat di postingan percakapan bahasa arab tentang perkenalan.

Dan sudah pernah disinggung sebelumnya juga, bahwa sejak liburan Idul Fitri kemeran saya diberi bisikan untuk membuka ulang lembaran-lembaran buku panduan belajar bahasa Arab yang agak jadul, yaitu Al-'Arabiyyatu Lin Nasyiiin ( العَرَبِيَّةُ لِلنَّاشِئِيْنَ ).

Sejak mendapat bisikan tersebut hidup saya tidak tenang. Selalu muncul keinginan untuk melanjutkan pengerjaan proyek sebelumnya, yaitu menulis ulang materi percakapan yang ada di dalam buku tersebut dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
 yang semoga selalu dalam lindungan Allah  31 Contoh Percakapan Bahasa Arab Sehari-Hari dan Artinya [Terlengkap]
Dan atas izin Allah pula, akhirnya saya berhasil menulis ulang semua hiwar yang ada di jilid pertama buku Al-'Arabiyyatu Lin Nasyiiin. Tapi jangan disangka tulisan ini adalah hasil perjuangan tersebut. Hehe...Tidak. Artikel yang sedang Anda baca ini hanyalah sebagian saja, atau paling tidak kebanyakannya. Karena belum semuanya saya tulis di sini.

Dan ada satu dua yang murni karangan saya. Biar ketahuan kalau ada yang ingin menjiplaknya. Kalau murni dari buku, kan semua orang bisa mengklaim itu hasil alih bahasanya dia. Hehe...

Sahabat Kamus Mufradat yang setia. Contoh-contoh percakapan di bawah ini saya bagi dan urutkan sesuai dengan analisa Mbah Google yang menurutnya banyak dicari oleh pengguna internet ketika melakukan pencarian di halamannya. Bukan urutan dan penjudulan buku.

Jadi, selamat membaca dan belajar materi percakapan bahasa Arab sehari-hari di bawah ini. Dan saya rasa ini adalah yang paling lengkap di dunia maya. Wallahu a'lam.

Percakapan Bahasa Arab tentang Perkenalan

. السَّلَامُ عَلَيْكُمْ
الـمُدَرِّسُ
Assalamu'alaikum.
Guru
. وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ ، يَا أُسْتَاذُ
الأَوْلَادُ
Wa'alaikumussalam Pak Guru.
Anak-Anak
. هَذَا أَبُوْ بَكْرٍ . هُوَ مَالِيْزِيٌّ
الـمُدَرِّسُ
Ini Abu Bakar. Dia orang Malaysia.
Guru
. يَا أَبَا بَكْرٍ . هَذَا بَاسِمٌ هُوَ أَنْدُوْنِيْسِيٌّ
الـمُدَرِّسُ
Abu Bakar. Ini Basim, dia orang Indonesia.
Guru
. أَهْلًا وَسَهْلًا
أَبُو بَكْرٍ
Salam kenal.
Abdullah
. أَهْلًا وَسَهْلًا أَبَا بَكْرٍ
بَاسِمٌ
Salam kenal juga Abu Bakar.
Basim
. السَّلَامُ عَلَيْكُمْ
خَدِيْجَةُ
Assalamu'alaikum. Khadijah
. وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ
سَالِمَةٌ
Wa'alaikumussalam. Salimah
. أَنَا خَدِيْـجَةُ
خَدِيْجَةُ
Aku Khadijah. Khadijah
. أَهْلًا خَدِيْـجَةُ ، وَأَنَا سَالِـمَةٌ
سَالِمَةٌ
Salam kenal Khadijah, dan aku Salimah. Salimah
. أَهْلًا وَسَهْلًا سَالِـمَةُ
خَدِيْجَةُ
Salam kenal juga Salimah. Khadijah
هَلْ أَرْسُمُ مَعَكِ ؟
سَالِمَةٌ
Bolehkan aku melukis bersamamu? Salimah
. تَعَالَيْ نَرْسُمُ
خَدِيْجَةُ
Mari kita melukis. Khadijah
. صَبَاحُ الـخَيْرِ يَا عُمَرُ
مُـحَمَّدٌ
Selamat pagi Umar. Muhammad
. صَبَاحُ الـنُّوْرِ يَا مُـحَمَّدُ
عُمَرُ
Selamat pagi Muhammad. Umar
هَلْ تَعْرِفُ هَذَا التِّلْمِيْذُ ؟
مُـحَمَّدٌ
Apakah kamu kenal murid ini? Muhammad
. نَعَمْ أَعْرِفُهُ . هَذَا أَحْـمَدُ
عُمَرُ
Iya, aku kenal. Ini adalah Ahmad. Umar
هَلْ هُوَ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ ؟
مُـحَمَّدٌ
Apakah dia murid baru? Muhammad
. نَعَمْ ، هُوَ تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ
عُمَرُ
Iya, dia murid baru. Umar
مَتَى جَاءَ إِلَى الـمَدْرَسَةِ ؟
مُـحَمَّدٌ
Kapan dia datang ke sekolah? Muhammad
. جَاءَ إِلَى الـمَدْرَسَةِ قَبْلَ شَهْرٍ
عُمَرُ
Dia datang ke sekolah sebulan yang lalu. Umar
هَلْ يَلْعَبُ كُرَةَ القَدَمِ ؟
مُـحَمَّدٌ
Apakah dia bisa main sepak bola? Muhammad
. نَعَمْ ، هُوَ لَاعِبٌ مُـمْتَازٌ
عُمَرُ
Iya, dia pemain yang hebat. Umar

Percakapan Bahasa Arab tentang Hobi

مَا هِوَايَتُكَ يَا زُهَيْرُ ؟
سَلْمَى
Zuhair, apa hobimu? Salma
. هِوَايَتِي الصَّحَافَةُ وَجَـمْعُ الطَّوَابِعِ
وَأَنْتِ ؟
زُهَيْرٌ
Hobiku jurnalistik dan filateli. Dan kamu? Zuhair
. هِوَايَتِي الرَّسْمُ وَالتَّدْبِيْرُ الـمَنْزِلِيُّ
. أَنَا مُشْتَرِكَةٌ فِي جَـمَاعَةِ التَّدْبِيْرِ الـمَنْزِلِيِّ
سَلْمَى
Hobiku melukis dan tata boga.
Aku bergabung dengan grup tata boga.
Salma
. وَأَنَا مُشْتَرِكٌ فِي جَـمَاعَةِ الصَّحَافَةِ
زُهَيْرٌ
Aku (juga) bergabung dengan grup jurnalis. Zuhair
هَلْ سَـمِعْتَ عَنْ مَعْرَضِ الـمَدْرَسَةِ ؟
سَلْمَى
Apakah kamu dengar tentang pameran sekolah? Salma
. نَعَمْ ، وَعِمِلْنَا صَحِيْفَةً جَـمِيْلَةً
زُهَيْرٌ
Iya, kami telah membuat koran yang bagus. Zuhair
. وَنَـحْنُ عَمِلْنَا حَلْوَى لَذِيْذَةً
سَلْمَى
Dan kami telah membuat manisan yang enak. Salma
مَا هَذِهِ ؟
نُوْرٌ
Apa ini?
Nur
. هَذِهِ طَوَابِعُ سُوْرِيَّةٌ
يُوْسُفُ
Ini perangko-perangko Syiria.
Yusuf
وَمَا هَذِهِ ؟
نُوْرٌ
Dan apa ini?
Nur
. هَذِهِ طَوَابِعُ سُوْدَانِيَّةٌ
يُوْسُفُ
Ini perangko-perangko Sudan.
Yusuf
. أُرِيْدُ هَذَا الطَّابَعَ
نُوْرٌ
Aku ingin perangko ini.
Nur
! هَاتِ تُفَّاحَةً وَمَوْزَةً
يُوْسُفُ
Berikan aku apel dan pisang (dulu)!
Yusuf
. تَفَّاحَةٌ وَمَوْزَةٌ !! لَا . شُكْرًا . هَذَا كَثِيْرٌ
نُوْرٌ
Apel dan pisang!! Tidak, terima kasih.
Ini terlalu banyak.
Nur

Percakapan Bahasa Arab tentang Sekolah

هَلْ أَنْتَ مُدَرِّسٌ ؟
خَالِدٌ
Apakah kamu guru? Khalid
. لَا ، أَنَا طَالِبٌ
حَسَنٌ
Bukan, aku pelajar. Hasan
أَيْنَ تَدْرُسُ ؟
خَالِدٌ
Dimana kamu sekolah? Khalid
. أَدْرُسُ فِي الـمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ
حَسَنٌ
Aku belajar di SMA. Hasan
مَاذَا تَدْرُسُ ؟
خَالِدٌ
Apa yang kamu pelajari? Khalid
. أَدْرُسُ اللُّغَةَ العَرَبِيَّةَ
حَسَنٌ
Aku belajar bahasa Arab. Hasan
هَلْ تَتَحَدَّثُ العَرَبِيَّةَ جَيِّدًا ؟
خَالِدٌ
Apakah kamu berbicara bahasa Arab dengan baik? Khalid
. نَعَمْ ، أَتَـحَدَّثُ العَرَبِيَّةَ جَيِّدًا
حَسَنٌ
Iya, aku berbicara bahasa Arab dengan baik. Hasan
لِـمَاذَا تَدْرُسُ اللُّغَةَ العَرَبِيَّةَ ؟
خَالِدٌ
Mengapa kamu mempelajari bahasa Arab? Khalid
. أَدْرُسُ العَرَبِيَّةَ لِأَفْهَمَ القُرْآنَ
حَسَنٌ
Aku mempelajari bahasa Arab supaya faham Al-Quran. Hasan

Percakapan Bahasa Arab tentang Keluarga

. هَذِهِ صُوْرَةُ أُسْرَتِي . اُنْظُرْ
مُـحَمَّدٌ
Ini foto keluargaku. Lihatlah! Muhammad
هَذَا وَالِدُكَ ؟
عَبْدُ العَزِيْزِ
Ini ayahmu? Abdulaziz
. نَعَمْ
مُـحَمَّدٌ
Iya. Muhammad
مَاذَا يَعْمَلُ ؟
عَبْدُ العَزِيْزِ
kaaaaaaata Abdulaziz
. هُوَ تَاجِرٌ . وَهَذِهِ أُمِّي ، وَهَذِهِ أُخْتِي
مُـحَمَّدٌ
Ia pedagang. Ini ibuku. Dan ini saudariku. Muhammad
مَا اسْـمُهَا ؟
عَبْدُ العَزِيْزِ
Siapa namanya? Abdulaziz
. سُعَادٌ . عُمْرُهَا ثَلَاثُ سَنَوَاتٍ
مُـحَمَّدٌ
Su'ad. Umurnya tiga tahun. Muhammad
وَمَنْ هَذَا ؟
عَبْدُ العَزِيْزِ
Siapa ini? Abdulaziz
. هَذَا أَخِي الكَبِيْرُ . هُوَ مُهَنْدِسٌ
مُـحَمَّدٌ
Ini kakakku. Ia seorang insinyur. Muhammad
وَهَذَا ؟
عَبْدُ العَزِيْزِ
Dan ini? Abdulaziz
. هَذَا أَخِي الصَّغِيْرُ
. هُوَ تِلْمِيْذٌ فِي الـمَدْرَسَةِ الاِبْتِدَائِيَّةِ
مُـحَمَّدٌ
Ini adikku. Ia siswa tingkat SD. Muhammad
. مَسَاءُ الـخَيْرِ
عُمَرُ
Selamat sore. Umar
. مَسَاءُ النُّوْرِ
أَحْـمَدُ
Selamat sore. Ahmad
لِـمَنْ هَذِهِ الصُّوْرَةُ ؟
عُمَرُ
Foto milik siapa ini? Umar
. هَذِهِ الصُّوْرَةُ لِعَائِلَتِي
أَحْـمَدُ
Ini foto milik keluargaku. Ahmad
وَمَنْ هَذَا ؟
عُمَرُ
Siapa ini? Umar
. هَذَا وَالِدِي ، هُوَ يَغْسِلُ السَّيَّارَةَ
أَحْـمَدُ
Ini ayahku, ia mencuci mobil. Ahmad
وَمَنْ هَذِهِ ؟
عُمَرُ
Siapa ini? Umar
. هَذِهِ وَالِدَتِي ، هِيَ تُنَظِّفُ الـحَدِيْقَةَ
أَحْـمَدُ
Ini ibuku, ia membersihkan kebun. Ahmad
وَمَنِ الَّذِي يَتَنَاوَلُ القَهْوَةَ ؟
عُمَرُ
Siapa yang meminum kopi? Umar
. هَذَا جَدِّي
أَحْـمَدُ
Ini kakekku. Ahmad
وَمَنِ الَّتِي تُشَاهِدُ التِّلِفِزِيُّوْنَ ؟
عُمَرُ
Dan siapa yang menonton televisi? Umar
. هَذِهِ جَدَّتِى
أَحْـمَدُ
Ini nenekku. Ahmad

Percakapan Bahasa Arab tentang Liburan

هَلْ سَتَذْهَبُ فِي الرِّحْلَةِ يَوْمَ الـجُمُعَةِ ؟
خَالِدٌ
Apakah kamu akan pergi rekreasi hari Jumat? Khalid
نَعَمْ ، وَأَنْتَ ؟
فَاضِلٌ
Iya, dan kamu? Fadhil
. أَنَا ذِاهِبٌ أَيْضًا
خَالِدٌ
Aku akan pergi juga. Khalid
كَيْفَ سَتَذْهَبُ ؟
فَاضِلٌ
Dengan apa kamu pergi? Fadhil
سَنَذْهَبُ بِسَيَّارَةِ الـمَدْرَسَةِ . مَاذَا سَتُحْضِرُ مَعَكَ ؟
خَالِدٌ
Kita akan pergi dengan mobil sekolah.
Apa yang akan kamu bawa?
Khalid
. سَأُحْضِرُ الطَّعَامَ وَالفَاكِهَةَ وَالـحَلْوَى
فَاضِلٌ
Aku akan membawa makanan, buah-buahan, dan manisan. Fadhil
. وَأَنَا سَأُحْضِرُ الكُرَةَ وَالـمَضَارِبَ
خَالِدٌ
Dan aku akan membawa bola dan raket. Khalid
. سَنُشَاهِدُ الـحَيَوَانَاتِ ثُـمَّ نَلْعَبُ مِعَ الصَّفِّ الثَّانِي
فَاضِلٌ
Kita akan melihat-lihat binatang,
kemudian bertanding dengan kelas 2.
Fadhil
. إِنْ شَاءَ اللهُ نَكْسِبُ
خَالِدٌ
Insyaallah kita akan menang. Khalid

Percakapan Bahasa Arab tentang Profesi

هَذِهِ دَرَّاجَةٌ جَمِيْلَةٌ ، هَلْ هِيَ دَرَّاجَتُكَ ؟
عَبْدُ اللهِ
Ini sepeda yang bagus, apakah ini sepedamu? Abdullah
لَا هَذِهِ دَرَّاجَةُ وَالِدِي ، هُوَ اليَوْمَ فِي عُطْلَةٍ
عَبْدُ العَزِيْزِ
Bukan, ini sepeda ayahku, hari ini dia lagi libur. Abdulaziz
أَيْنَ يَعْمَلُ وَالِدُكَ ؟
عَبْدُ اللهِ
Dimana ayahmu bekerja? Abdullah
وَالِدِي عَامِلٌ فِي مَصْنَعِ الدَّرَّاجَاتِ
عَبْدُ العَزِيْزِ
Ayahku karyawan pabrik sepeda. Abdulaziz
وَالِدِي عَامِلٌ فِي مَصْنَعِ السَّيَّارَاتِ
عَبْدُ اللهِ
Ayahku karyawan pabrik mobil. Abdullah
طَبْعًا وَالِدُكَ يَـمْلِكُ سَيَّارَةً
عَبْدُ العَزِيْزِ
Ayahmu pasti memiliki mobil donk. Abdulaziz
لِلْأَسَفِ هُوَ لَا يَـمْلِكُ سَيَّارَةً ، وَأَنْتَ تَعْرِفُ السَّبَبَ
عَبْدُ اللهِ
Sayangnya dia tidak memiliki mobil,
dan kamu tahu penyebabnya.
Abdullah
مَا السَّبَبُ ؟
عَبْدُ العَزِيْزِ
Apa penyebabnya? Abdulaziz
السَّبَبُ هُوَ السَّيَّارَةُ غَالِيَةٌ جِدًّا
عَبْدُ اللهِ
Penyebabnya adalah harga mobil yang terlalu mahal. Abdullah
وَكَيْفَ يَذْهَبُ وَالِدُكَ إِلَى الـمَصْنَعِ ؟
عَبْدُ العَزِيْزِ
Lalu bagaimana ayahmu pergi ke pabrik? Abdulaziz
هُوَ يَذْهَبُ بِـحَافِلَةِ الـمَصْنَعِ
عَبْدُ اللهِ
Dia pergi naik bus milik pabrik. Abdullah

Percakapan Bahasa Arab tentang Jam

لِـمَاذَا تُسْرِعُ يَا زَيْدُ ؟
خَالِدٌ
Mengapa kamu terburu-buru ya Zaid? Khalid
. سَأَذْهَبُ إِلَى الـمَطَارِ
. سَتُغَادِرُ الطَّائِرَةُ السَّاعَةَ الوَاحِدَةَ ظُهْرًا
زَيْدٌ
Aku akan pergi ke bandara.
Pesawatku akan terbang jam satu siang.
Zaid
إِلَى أَيْنَ سَتُسَافِرُ ؟
خَالِدٌ
Kemana kamu hendak pergi? Khalid
. سَأُسَافِرُ إِلَى العِرَاقِ لِزِيَارَةِ جَدِّي هُنَاكَ
زَيْدٌ
Aku akan pergi ke Irak
untuk mengunjungi kakekku di sana.
Zaid
. مَعَ السَّلَامَةِ
خَالِدٌ
Selamat jalan. Khalid
. مَعَ السَّلَامَةِ
زَيْدٌ
Selamat jalan. Zaid
. يَا جَـمِيْلُ ، أَنَا أَدْعُوْكَ لِلْعَشَاءِ مَعِي فِي البَيْتِ
جَـمَالٌ
Jamil, aku mengundangmu makan malam
bersamaku di rumah.
Jamal
مَتَى الـمَوْعِدُ ؟
جَـمِيْلٌ
Kapan waktunya? Jamil
. أَرْجُوْكَ أَنْ تَـحْضُرَ فِي السَّاعَةِ الـخَامِسَةِ مَسَاءً
جَـمَالٌ
Aku harap kamu datang jam lima sore. Jamal
. حَسَنًا ، سَآتِي إِنْ شَاءَ اللهُ
جَـمِيْلٌ
Baik, aku akan datang insyaallah. Jamil
. شُكْرًا
جَـمَالٌ
Terima kasih. Jamal
. عَفْوًا
جَـمِيْلٌ
Sama-sama. Jamil

Percakapan Bahasa Arab 2 Orang Laki-Laki

. السَّلَامُ عَلَيْكُمْ
كَمَالٌ
Assalamu'alaikum. Kamal
. وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ
قَاسِمٌ
Wa'alaikumussalam. Qasim
. أَنَا كَمَالٌ
كَمَالٌ
Aku Kamal. Kamal
. أَهْلًا كَمَالُ . وَأَناَ قَاسِمٌ
قَاسِمٌ
Salam kenal Kamal. Aku Qasim. Qasim
أَهْلًا قَاسِمُ . مَاذَا تَعْلَبُ ؟
كَمَالٌ
Salam kenal Qasim. Main apa kamu? Kamal
. أَلْعَبُ كُرَةَ القَدَمِ
قَاسِمٌ
Aku main sepak bola. Qasim
هَلْ أَلْعَبُ مَعَكَ ؟
كَمَالٌ
Bolehkah aku main bersamamu? Kamal
. تَعَالَ
قَاسِمٌ
Ayo mari! Qasim
. هَذَا قَلَمٌ جَـمِيْلٌ
مِنْ أَيْنَ أَشْتَرِي القَلَمَ يَا طَارِقُ ؟
شَرْيْفٌ
Ini pena yang bagus.
Thariq, dimana aku membeli pena ya?
Syarif
. تَشْتَرِي القَلَمَ مِنَ الـمَقْصَفِ
طَارِقٌ
Kamu bisa membeli pena di kantin. Thariq
مِنْ مَقْصَفِ الـمَدْرَسَةِ ؟
شَرْيْفٌ
Di kantin sekolah? Syarif
. نَعَمْ
طَارِقٌ
Iya. Thariq
بِكَمِ القَلَمُ ؟
شَرْيْفٌ
Berapa harganya pena? Syarif
. القَلَمُ بِعَشْرَةِ قُرُوْشٍ
طَارِقٌ
Harga pena 10 perak. Thariq

Percakapan Bahasa Arab 2 Orang Perempuan

هَلْ أَنْتِ طَالِبَةٌ ؟
الـمُشْرِفَةُ
Apakah kamu siswi? Pembimbing (pr)
. نَعَمْ ، أَنَا طَالِبَةٌ
البِنْتُ
Iya, aku siswi. Anak (pr)
وَهَلْ صَدِيْقَتُكِ طَالِبَةٌ ؟
الـمُشْرِفَةُ
Apakah temanmu siswi (juga)? Pembimbing (pr)
. لَا ، هِي مُـمَرِّضَةٌ
البِنْتُ
Tidak, dia perawat. Anak (pr)
مَا لُعْبَتُكِ ؟
الـمُشْرِفَةُ
Apa permainanmu? Pembimbing (pr)
. أَنَا أَلْعَبُ الكُرَةَ الطَّائِرَةَ
البِنْتُ
Aku bermain bola voli. Anak (pr)
وَمَا لُعْبَتُهَا ؟
الـمُشْرِفَةُ
Dan apa permainannya? Pembimbing (pr)
. هِيَ تَلْعَبُ كُرَةَ السَّلَّةِ
البِنْتُ
Dia bermain bola basket. Anak (pr)
أَيْنَ صُوْرَتُكِ ؟
الـمُشْرِفَةُ
Mana fotomu? Pembimbing (pr)
. هَذِهِ صُوْرَتِي
البِنْتُ
Ini fotoku. Anak (pr)
وَأَيْنَ صُوْرَتُـهَا ؟
الـمُشْرِفَةُ
Dan mana fotonya? Pembimbing (pr)
. هَذِهِ صُوْرَتُـهَا
البِنْتُ
Ini fotonya. Anak (pr)
. شُكْرًا
الـمُشْرِفَةُ
Terima kasih. Pembimbing (pr)
. عَفْوًا
البِنْتُ
Sama-sama. Anak (pr)
تَعَالَي يَا فَاطِمَةُ . مَا هَذَا ؟
. حُجْرَةُ النَّوْمِ تَحْتَاجُ إِلَى تَنْظِيْمٍ
الأُمُّ
Kesini ya Fatimah. Apaan-apaan ini?
Kamar tidurmu butuh dirapihkan.
ِIbu
مَاذَا أَفْعَلُ يَا أُمِّي ؟
فَاطِمَةُ
Apa yang harus kulakukan Ibu? Fatimah
. اِفْتَحِي النَّافِذَةَ لِتَدْخُلَ الشَّمْسُ
الأُمُّ
Bukalah jendela supaya matahari masuk! ِIbu
. فَتَحْتُهَا يَا أُمِّي
فَاطِمَةُ
Ibu, aku sudah membukanya Fatimah
. ضَعِي الـمَلَابِسَ فِي الـخِزَانَةِ
الأُمُّ
Letakkan baju-baju di lemari! ِIbu
. وَضَعْتُهَا فِي الـخِزَانَةِ
فَاطِمَةُ
Aku sudah meletakkannya di lemari. Fatimah
. ثُـمَّ رَتِّبِـي السَّرِيْرَ
الأُمُّ
Kemudian rapihkan ranjang! ِIbu
. سَأُرَتِّبُهُ
فَاطِمَةُ
Aku akan merapihkannya. Fatimah
. وَنَظِّفِي الـمَكْتَبَ ، وَاكْنُسِي الأَرْضَ
الأُمُّ
Bersihkanlah meja, dan sapulan lantai! ِIbu
. حَاضِرَةٌ يَا أُمِّي
فَاطِمَةُ
Siap Ibu. Fatimah

Percakapan Bahasa Arab 3 Orang Laki-Laki

. السَّلَامُ عَلَيْكُمْ
الـمُدَرِّسُ
Assalamu'alaikum. Guru
. وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ
التَّلَامِيْذُ
Wa'alaikumussalam. Murid-Murid
لِـمَاذَا غِبْتَ أَمْسِ يَا عَلِيُّ ؟
الـمُدَرِّسُ
Ali, kenapa kemaren kamu alpa? Guru
. ذَهَبْتُ إِلَى الـمُسْتَشْفَى لِأَنَّ وَالِدِي مَرِيْضٌ
عَلِيٌّ
Aku pergi ke rumah sakit, karena ayahku sakit. Ali
وَلِـمَاذَا غِبْتَ أَنْتَ يَا أَحَـمَدُ ؟
الـمُدَرِّسُ
Dan Ali, kenapa kamu kemaren alpa? Guru
. ذَهَبْتُ إِلَى الـمَطَارِ لِأَنَّ وَالِدَتِي مُسَافِرَةٌ
أَحْمَدُ
Aku pergi ke bandara, karena ibuku akan safar. Ahmad
، أَنْتُمَا تَتَأَخَّرَانِ دَائِمًا
، قَابِلْنِي بَعْدَ الـحِصَّةِ يَا عَلِيُّ
. وَأَنْتَ كَذَلِكَ يَا أَحْـمَدُ
الـمُدَرِّسُ
Kalian berdua selalu terlambat,
temui aku setelah pelajaran ya Ali,
dan Ahmad kamu juga.
Guru

Percakapan Bahasa Arab 3 Orang Perempuan

. صَبَاحُ الخَيْرِ
الـمُدَرِّسَةُ
Selamat pagi. Guru (pr)
. صَبَاحُ النُّوْرِ
الطَّالِبَاتُ
Selamat pagi. Siswi-Siswi
مَنْ غَائِبَةٌ ؟
الـمُدَرِّسَةُ
Siapa yang alpa? Guru (pr)
. زَهْرَةٌ غَائِبَةٌ
طَالِبَةٌ أُوْلَى
Zahra alpa. Siswi Pertama
. نَوْرَةٌ غَائِبَةٌ
طَالِبَةٌ ثَانِيَةٌ
Naura alpa. Siswi Kedua
أَيْنَ زَهْرَةٌ ؟
الـمُدَرِّسَةُ
Dimana Zahra? Guru (pr)
. زَهْرَةٌ فِي الـمَكْتَبَةِ
طَالِبَةٌ أُوْلَى
Zahra di perpustakaan. Siswi Pertama
أَيْنَ نَوْرَةٌ ؟
الـمُدَرِّسَةُ
Dimana Naura? Guru (pr)
. نَوْرَةٌ فِي الـمَسْجِدِ
طَالِبَةٌ ثَانِيَةٌ
Naura di masjid. Siswi Kedua

Percakapan Bahasa Arab 4 Orang Laki-Laki

بَاكِسْتَانِيٌّ أَوْ أَنْدُوْنِيْسِيٌّ ؟
صِدِّيْقٌ وَكَمَالٌ
Orang Pakistan atau Indonesia?
Shiddiq & Kamal
. أَنَا بَاكِسْتَانِيٌّ
حَسَّانٌ
Aku orang Pakistan.
Hassan
. تَعَالَ هُنَا يَا حَسَّانُ
كَمَالٌ
Hai Hassan, kamu kesini.
Kamal
بَاكِسْتَانِيٌّ أَوْ أَنْدُوْنِيْسِيٌّ ؟
صِدِّيْقٌ وَكَمَالٌ
Orang Pakistan atau Indonesia?
Shiddiq & Kamal
. أَنَا أَنْدُوْنِيْسِيٌّ
زَكَرِيَّا
Aku orang Indonesia.
Zakariya
. اِذْهَبْ هُنَاكَ يَا زَكَرِيَّا
كَمَالٌ
Hai Zakariya, pergilah kamu kesana.
Kamal
... شُدَّ ... شُدَّ ... هَيَّا ... هَيَّا
صِدِّيْقٌ وَكَمَالٌ
Tarik...tarik..ayoo..ayoo...
Shiddiq & Kamal

Percakapan Bahasa Arab 4 Orang Perempuan

. هَذِهِ الهَدِيَّةُ لَكُنَّ ، يَا عَائِشَةُ وَيَا زَيْنَبُ وَيَا هُدَى
الأُمُّ
Ini hadiah untuk kalian, Aisyah, Zainab, dan Huda. ِIbu
شُكْرًا يَا أُمِّي . مَا الهَدِيَّةُ ؟
البَنَاتُ
Terima kasih Ibu. Apa hadiahnya? Anak-Anak (pr)
. عُلْبَةُ حَلْوِى
الأُمُّ
Setoples permen. ِIbu
. كَمْ قِطْعَةً فِي العُلْبَةِ ؟ اُحْسُبِي يَا زَيْنَبُ
عَائِشَةُ
Berapa permen dalam satu toples?
Hitunglah ya Zainab!
Aisyah
. خَمْسَ عَشْرَةَ
زَيْنَبُ
Lima belas (15). Zainab
. لِلْوَاحِدِ خَمْسُ قِطَعٍ
هَدَى
Untuk satu orang lima bungkus. Huda
. جَمِيْلٌ
. وَاحِدَةٌ لِـزَيْنَبُ وَوَاحِدَةُ لِي
. وَاحِدَةُ لِـهُدَى وَوَاحِدَةُ لِي
. وَاحِدَةُ لِزَيْنَبُ وَوَاحِدَةُ لِي
. وَاحِدَة لِـهُدَى وَوَاحِدَةُ لِي
عَائِشَةُ
Baik.
Satu untuk Zainab, satu untukku.
Satu untuk Huda, satu untukku.
Satu untuk Zainab, satu untukku.
Satu untuk Huda, satu untukku.
Aisyah
. مَاذَا تَفْعَليْنَ يَا عَائِشَةُ ؟ هَذَا خَطَأٌ
هُدَى وَزَيْنَبُ
Aisyah, apa yang kamu lakukan? Ini salah. Huda dan Zainab

Percakapan Bahasa Arab di Sekolah

أَيْنَ النَّظَّارَةُ يَا شَاكِرُ ؟
الـمُدَرِّسُ
Syakir, dimana kacamataku?
Guru
. النَّظَّارَةُ فِي الحَقِيْبَةِ
شَاكِرٌ
Kacamata (pak Guru) ada di tas.
Syakir
وَأَيْنَ الحَقِيْبَةِ ؟
الـمُدَرِّسُ
Dimana tasnya?
Guru
. الحَقِيْبَةُ فِي الفَصْلِ
شَاكِرٌ
Tasnya di kelas.
Syakir
. اِذْهَبْ إِلَى الفَصْلِ . وَهَاتِ النَّظَّارَةَ
الـمُدَرِّسُ
Pergilah ke kelas, dan ambil kacamataku!
Guru
. يَا أُسْتَاذُ . تَفَضَّلِ النَّظَّارَةَ
شَاكِرٌ
Silahkan kacamatanya pak Guru.
Syakir
. شُكْرًا
الـمُدَرِّسُ
Terima kasih
Guru
. عَفْوًا
شَاكِرٌ
Sama-sama.
Syakir
. أَنَا تِلْمِيْذٌ جَدِيْدٌ . اِسْـمِي سِرَاجٌ
سِرَاجٌ
Aku murid baru. Namaku Siraj. Siraj
. أَهْلًا سِرَاجٌ . اِسْـمِي سَـمِيْرَةٌ
سَـمِيْرَةٌ
Salam kenal Siraj. Namaku Samirah. Samirah
. أَهْلًا سَـمِيْرَةُ
سِرَاجٌ
Salam kenal juga Samirah. Siraj
هَلْ أَنْتَ نَيْجِيْرِيٌّ ؟
سَـمِيْرَةٌ
Apakah kamu orang Nigeria? Samirah
. نَعَمْ ، أَنَا نَيْجِيْرِيٌّ
وَهَلْ أَنْتِ نَيْجِيْرِيَّةٌ ؟
سِرَاجٌ
Iya, aku orang Nigeria.
Apakah kamu orang Nigeria (juga)?
Siraj
. لَا
سَـمِيْرَةٌ
Bukan. Samirah
مَا جِنْسِيَّتُكِ ؟
سِرَاجٌ
Apa kebangsaanmu? Siraj
. أَنَا غَانِيَّةٌ
سَـمِيْرَةٌ
Aku orang Ghana. Samirah

Percakapan Bahasa Arab di Perpustakaan

هَلْ هَذِهِ حَقِيْبَتُكَ ؟
مُـحَمَّدٌ
Apakah ini tasmu? Muhammad
. نَعَمْ هَذِهِ حَقِيْبَتِي
عُمَرُ
Iya, ini tasku. Umar
هَلْ أَنْتَ مُتَأَكِّدٌ ؟
مُـحَمَّدٌ
Apakah kamu yakin? Muhammad
نَعَمْ أَنَا مُتَأَكِّدٌ ، لِـمَاذَا ؟
عُمَرُ
Iya, aku yakin, mengapa? Umar
. هَذِهِ حَقِيْبَتِي أَنَا
مُـحَمَّدٌ
Ini adalah tasku. Muhammad
هَلْ حَقِيْبَتُكَ سَوْدَاءُ ؟
عُمَرُ
Apakah tasmu warnanya hitam? Umar
. نَعَمْ حَقِيْبَتِي سَوْدَاءُ
مُـحَمَّدٌ
Iya, tasku warnanya hitam. Muhammad
مَاذَا فِي حَقِيْبَتِكَ ؟
عُمَرُ
Ada apa di dalam tasmu? Umar
. فِي حَقِيْبَتِي كُتُبٌ
مُـحَمَّدٌ
Tasku isinya buku-buku. Muhammad
تَفَضَّلْ ، اُنْظُرْ . هَلْ هَذِهِ حَقِيْبَتُكَ ؟
عُمَرُ
Silahkan lihat. Apakah ini tasmu? Umar
، مَعْذِرَةً هَذِهِ لَيْسَتْ حَقِيْبَتِي
. هِيَ مِثْلُهَا فِي اللَّوْنِ فَقَطْ
مُـحَمَّدٌ
Maaf, ini bukan tasku,
ternyata hanya mirip warnanya saja.

Muhammad

Percakapan Bahasa Arab di Rumah

. عَمُّكِ سَيَزُوْرُنَا يَوْمَ الأَحَدِ
الأُمُّ
Pamanmu akah mengunjungi kita hari Ahad. Ibu
مَتَى ؟
البِنْتُ
Kapan? Putri
. عَلَى العَشَاءِ
الأُمُّ
Di waktu makan malam. Ibu
هَلْ تَـحْضُرُ أُسْرَتُهُ مَعَهُ ؟
البِنْتُ
Apakah keluarganya datang bersamanya? Putri
. نَعَمْ ، زَوْجَتُهُ وَأَوْلَادُهُ
الأُمُّ
Iya, istri dan anak-anaknya. Ibu
. عَمِّي يُـحِبُّ الدَّجَاجَ
البِنْتُ
Pamanku menyukain daging ayam. Putri
. وَزَوْجَةُ عَمِّكِ تُـحِبُّ الفَطِيْرَ
الأُمُّ
Dan istri pamanmu menyukai kue. Ibu
، سَأُسَاعِدُكَ – يَا أُمِّي – فِي عَمَلِ الفَطِيْرِ
. وِإِعْدَادِ الـمَائِدَةِ
البِنْتُ
Aku akan membantu ibu membuat kue,
dan menyiapkan hidangan.
Putri
. بَارَكَ اللهُ فِيْكِ
الأُمُّ
Semoga Allah memberkahimu nak. Ibu
مَتَى وَصَلَ الأَوْلَادُ مِنَ الـمَدْرَسَةِ ؟
الأَبُ
Kapan anak-anak sampai dari sekolah? Ayah
. وَصَلَ الأَوْلَادُ قَبْلَ قَلِيْلٍ
الأُمُّ
Anak-anak barusan saja sampai. Ibu
أَيْنَ هُمُ الآنَ ؟
الأَبُ
Dimana mereka sekarang? Ayah
. هُمُ الآنَ فِي حَدِيْقَةِ الـمَنْزِلِ
الأُمُّ
Mereka sekarang ada di kebun. Ibu
مَاذَا يَعْمَلُ حَسَنٌ ؟
الأَبُ
Apa yang dikerjakan Hasan? Ayah
. هُوَ يَقْرَأُ فِي كِتَابِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ
الأُمُّ
Dia membaca buku bahasa Arab. Ibu
وَمَا يَعْمَلُ عَادِلٌ ؟
الأَبُ
Apa yang dikerjakan Adil? Ayah
. هُوَ يَسْقِي أَشْجَار َالـحَدِيْقَةِ
الأُمُّ
Dia menyirami tanaman di kebun. Ibu
وَمَاذَا تَعْمَلُ فَاطِمَةُ ؟
الأَبُ
Dan apa yang dikerjakan Fatimah? Ayah
. هِيَ تَكْتُبُ الرِّسَالَةَ إِلَى خَالَتِهَا
الأُمُّ
Dia menulis surat untuk bibinya. Ibu
. قُوْلِي لَهُمْ : الغَدَاءُ جَاهِزٌ
الأَبُ
Katakan kepada mereka, makan siang sudah siap. Ayah

Percakapan Bahasa Arab di Dapur

أَيْنَ أَنْتَ يَا سَعِيْدُ ؟
الأُمُّ
Said, dimana kamu? ِIbu
أَنَا فِي الـمَطْبَخِ
سَعِيْدٌ
Aku di dapur. Said
مَاذَا تَفْعَلُ ؟
الأُمُّ
Apa yang kamu lakukan? ِIbu
أَعْمَلُ الشَّايَ يَا أُمِّي . هَلْ فِي الإِبْرِيْقِ مَاءٌ ؟
سَعِيْدٌ
Aku sedang membuat teh. Apakah di teko ada air? Said
نَعَمْ ، فِي الإِبْرِيْقِ مَاءٌ
الأُمُّ
Iya, di teko ada air. ِIbu
أَيْنَ الشَّايُ يَا أُمِّي ؟
سَعِيْدٌ
Ibu, teh dimana ya? Said
الشَّايُ عَلَى الرَفِّ
الأُمُّ
Teh ada di rak. ِIbu
وَأَيْنَ الفِنْجَانُ يَا أُمِّي ؟
سَعِيْدٌ
Kalau cangkir dimana bu? Said
الفِنْجَانُ فِي الدُّرْجِ
الأُمُّ
Cangkir ada di laci. ِIbu
وَأَيْنَ السُّكَّرُ يَا أُمِّي ؟
سَعِيْدٌ
Kalau gula dimana bu? Said
. السُّكَّرُ هُنَاكَ فِي الـخِزَانَةِ
. هَيَّا يَا سَعِيْدٌ . الـمَاءُ يَغْلِي
الأُمُّ
Gula ada di lemari.
Said, ayo! Air sudah mendidih.
ِIbu
حَالًا يَا أُمِّي . الشَّايُ جَاهِزٌ . تَفَضَّلِي
سَعِيْدٌ
Siap ibu. Teh telah siap. Silahkan. Said

Percakapan Bahasa Arab di Kelas

مَاذَا فَعَلْتِ فِي الاِمْتِحَانِ يَا فَاطِمَةُ ؟
فَرِيْدٌ
Fatimah, apa yang telah kamu kerjakan di ujian? ِFarid
. أَسْئِلَةُ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ وَالـحِسَابِ سَهْلَةٌ
وَأَنْتَ ، مَاذَا فَعَلْتَ يَا فَرِيْدُ ؟
فَاطِمَةُ
Soal bahasa Arab dan Matematikan mudah.
Dan apa yang telah kamu kerjakan?
Fatimah
. كَتَبْتُ ثَلَاثَ مَسَائِلَ فِي الـحِسَابِ
فَرِيْدٌ
Aku bisa menyelesaikan tiga soal matematika. ِFarid
جَـمِيْلٌ ، وَاللُّغَةُ العَرَبِيَّةُ !؟
فَاطِمَةُ
Bagus, dan (bagaimana dengan) bahasa Arab?! Fatimah
. السُّؤَالُ الثَّانِي صَعْبٌ . لَا أَعْرِفُ مَاذَا كَتَبْتُ
فَرِيْدٌ
Soal kedua susah. Tidak tahu apa yang kutulis. ِFarid
. إِنْ شَاءَ اللهُ تَنْجَحُ
فَاطِمَةُ
Insyaallah kamu akan lulus. Fatimah
. أَنْتَ مُتَأَخِّرٌ اليَوْمَ يَا أَحْـمَدُ
المُعَلِّمُ
Ahmad, kamu terlambat hari ini.
Guru
. آسِفٌ يَا أُسْتَاذُ
التِّلْمِيْذُ
Maaf pak guru.
Murid
مَنْ غَائِبٌ ؟
المُعَلِّمُ
Siapa yang alpa?
Guru
. يُوْسُفُ غَائِبٌ
التِّلْمِيْذُ
Yusuf alpa.
Murid
أَيْنَ مُـحَمَّدٌ ؟
المُعَلِّمُ
Dimana Muhammad?
Guru
. مُـحَمَّدٌ فِي الـمَسْجِدِ
التِّلْمِيْذُ
Muhammad di masjid.
Murid
مَنْ فِي الـمَلْعَبُ ؟
المُعَلِّمُ
Siapa yang di lapangan?
Guru
. سَـمِيْرَةُ فِي الـمَلْعَبِ
التِّلْمِيْذُ
Samirah di lapangan.
Murid

Percakapan Bahasa Arab di Rumah Sakit

كَيْفَ حَالُكِ يَا نَوْرَةُ ؟
حَسْنَاءُ
Bagaimana kabarnya ya Naura? ِHasna
. الـحَمْدُ للهِ ، لَقَدْ تَـحَسَّنَتَ حَالَتِي
نَوْرَةٌ
Alhamdulillah, keadaanku sudah semakin membaik. Naura
. آسِفَةٌ يَا نَوْرَةُ ، أَنَا أَعُوْدُكِ مُتَأَخِّرَةً
حَسْنَاءُ
Maaf ya Naura, aku telat menjengukmu. ِHasna
. لَا بَأْسَ عَلَيْكِ يَا حَسْنَاءُ
نَوْرَةٌ
Tidak apa-apa Hasna. Naura
مَاذَا أَصَابَكِ يَا نَوْرَةُ حَتَى تُلَازِمِيْنَ سَرِيْرَ الـمُسْتَشْفَى ؟
حَسْنَاءُ
Apa yang menimpamu sampai masuk rumah sakit? ِHasna
. الـحَمْدُ للهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ
. أَنَا مُتْعَبَةٌ ، وَ بِـحَاجَةٍ إِلَى اسْتِرَاحَةٍ تَامَّةٍ
نَوْرَةٌ
Alhamdulillah atas segala keadaan.
Aku lelah, dan butuh banyak istirahat.
Naura
. الـحَمْدُ للهِ عَلَى سَلَامَتِكِ
حَسْنَاءُ
Alhamdulillah atas keselamatanmu. ِHasna
. جَزَاكِ الله خَيْرًا
نَوْرَةٌ
Semoga Allah membalasmu kebaikan. Naura

Percakapan Bahasa Arab di Toko

. هَذِهِ عَشْرَةُ رِيَالَاتٍ
الـمُشْتَرِي
Ini sepuluh (10) riyal. ِPembeli
مَاذَا تُرِيْدُ ؟
البَائِعُ
Apa yang kamu inginkan? Penjual
. مِنْ فَضْلِكَ ، أُرِيْدُ وَرَقَ كِتَابَةٍ
الـمُشْتَرِي
Permisi, aku mau kertas tulis. ِPembeli
. هَذَا دَفْتَرٌ مِنَ الوَرَقِ الأَبْيَضِ
البَائِعُ
Ini buku tulis warna putih. Penjual
. أُرِيْدُ بَعْضَ الـحِبْرَ الأَسْوَدِ
الـمُشْتَرِي
Aku mau tinta warna hitam. ِPembeli
. هَذِهِ زُجَاجَةٌ مِنَ الـحِبْرِ الأَسْوَدِ
البَائِعُ
Ini sebotol tinta warna hitam. Penjual
. أُرِيْدُ أَيْضًا طَبَاشِيْرَ أَحْـمَرَ
الـمُشْتَرِي
Aku ingin kapur warna merah. ِPembeli
. هَذَا صُنْدُوْقٌ مِنَ الطَّبَاشِيْرِ الأَحْـمَرِ
البَائِعُ
Ini sekotak kapur warna merah. Penjual
عِنْدَكَ مَـجَلَّةُ "العَرَبِيِّ" ؟
الـمُشْتَرِي
Adakah majalah "Al-'Arabi"? ِPembeli
. "هَذِهِ مَـجَلَّةُ "العَرَبِيِّ
البَائِعُ
Ini majalah "Al-'Arabi". Penjual
وَمَاذَا تُرِيْدُ أَيْضًا ؟
البَائِعُ
Dan apalagi yang kamu inginkan? Penjual
. أُرِيْدُ بَاقِي الفُلُوْسِ مِنْ فَضْلِكَ
الـمُشْتَرِي
Permisi, aku ingin sisa kembalian uang. ِPembeli

Percakapan Bahasa Arab di Bandara

مِنْ أَيْنَ أَنْتَ قَادِمٌ ؟
يُوْسُفُ
Dari mana kamu datang? Yusuf
أَنَا قَادِمٌ مِنْ تُرْكِيَا وَأَنْتَ ؟
ِإِسْمَاعِيْلُ
Aku datang dari Turki dan kamu? Ismail
. أَنَا قَادِمٌ مِنْ أَنْدُوْنِيْسِيَا
يُوْسُفُ
Aku datang dari Indonesia. Yusuf
وَإِلَى أَيْنَ أَنْتَ مُسَافِرٌ ؟
إِسْمَاعِيْلُ
Kemana kamu akan pergi? Ismail
أَنَا مُسَافِرٌ إِلَى مَكَّةَ وَأَنْتَ ؟
يُوْسُفُ
Aku akan pergi ke Mekah dan kamu? Yusuf
. أَنَا مُسَافِرٌ إِلَى مَكَّةَ أَيْضًا
إِسْمَاعِيْلُ
Aku akan pergi ke Mekah juga. Ismail
لِـمَاذَا أَنْتَ مُسَافِرٌ إِلَى مَكَّةَ ؟
يُوْسُفُ
Mengapa kamu pergi ke Mekah? Yusuf
أَنَا مُسَافِرٌ لِلْعُمْرَةِ وَأَنْتَ ؟
إِسْمَاعِيْلُ
Aku pergi untuk umroh dan kamu? Ismail
. أَنَا مُسَافِرٌ لِلْعُمْرَةِ أَيْضًا
يُوْسُفُ
Aku pergi untuk umroh juga. Yusuf
كَمْ يَوْمًا سَتَبْقَى فِي مَكَّةَ ؟
إِسْمَاعِيْلُ
Berapa hari kamu akan tinggal di Mekah? Ismail
. سَأَبْقَى عَشْرَةَ أَيَّامٍ تَقْرِيْبًا
يُوْسُفُ
Aku akan tinggal kira-kira selama 10 hari. Yusuf
. وَأَنَا سَأَبْقَى ثَمَانِيَةَ أَيَّامٍ تَقْرِيْبًا
إِسْمَاعِيْلُ
Dan aku akan tinggal kira-kira selama 8 hari. Ismail
Demikian penyajian materi kumpulan contoh-contoh percakapan bahasa Arab sehari-hari untuk pemula dan artinya dalam bahasa Indonesia. Jika ada salah penulisan atas penerjemahan, mohon jangan segan untuk mengingatkan saya, manusia yang banyak kekurangannya ini.

Semoga Allah memudahkan pembaca semua untuk memahami dan menguasai bahasa mulia ini, serta diberikan kekuatan untuk mensyiarkannya. Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih atas kunjungannya, wa jazaakumullahu khairan.

Sumber http://www.kamusmufradat.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.